Sebagian besar saham-saham Asia dibuka melemah pagi ini, mengikuti penurunan bursa saham AS, setelah saham perusahaan material dan teknologi memimpin kerugian dalam indeks.
Sekitar tiga saham yang turun untuk setiap dua saham yang naik dalam Indeks MSCI Asia Pacific, yang menambahkan kurang dari 0,1% menjadi 146,79 pada pukul 09:05 pagi di Tokyo. Indeks tersebut telah naik 2% dalam minggu ini setelah Federal Reserve mengatakan data menunjukkan pertumbuhan ekonomi AS telah moderat dan pejabat The Fed mengindikasikan kenaikan suku bunga akan berada di kecepatan yang lebih lambat dari perkiraan sebelumnya. Indeks Standard & Poor 500 kemarin turun 0,5% setelah mengalami reli pada hari Rabu terkait pernyataan The Fed.
Sementara pembuat kebijakan di The Fed menimbang kembali kapan mulai menaikkan suku bunga, Bank Sentral Eropa dan Bank of Japan melanjutkan program stimulus yang bertujuan mengatasi deflasi dan memicu pertumbuhan. Sementara itu, para pembuat kebijakan dari Australia hingga Korea Selatan telah mengurangi biaya pinjaman tahun ini sebagai bagian dari gelombang pelonggaran moneter global.
Indeks Topix Jepang tergelincir 0,1%. Indeks Kospi Korea Selatan sedikit berubah dan Indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,1%. Indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,2%.(frk)
Sumber: Bloomberg