KONTAK PERKASA FUTURES YOGYA – Perhatian utama pasar pada hari ini tertuju pada pidato Chairwoman Federal Reserve Janet Yellen untuk mencari tahu waktu kenaikan suku bunga AS. Angka Non-Farm Payrolls (NFP) AS untuk bulan Mei telah mengejutkan pasar pada hari Jumat setelah menunjukkan laju pertumbuhan tenga kerja AS anjok ke level terendah sejak tahun 2010.

Pagi ini pasar saham Asia cenderung melemah dipimpin pelemahan indeks Nikkei Jepang. Penguatan yen yang berada di dekat level rendah lebih dari 3-pekan terhadap dolar AS menjadikan indeks Nikei dibuka turun lebih dari 200 poin.

Beberapa faktor yang berpotensi menjadi market movers hari ini :

• Pesanan pabrik di Jerman
Pukul 13:00 WIB, angka pesanan pabrik Jerman pada bulan April berpotensi menggerakkan perdagangan euro dan pasar saham Eropa. Konsensus para analis yang disurvei Reuters cenderung pesimis dengan tingkat pesanan diprediksi akan turun 0,5% pada bulan april dari kenaikan 1,9% pada bulan Maret.

• Indeks keyakinan investor Sentix
Indikator kesehatan perekonomian di zona Euro ini diprediksi akan menunjukkan pesimisme dengan angka indeks yang meningkat dari 6.2 pada bulan Mei menjadi ekspektasi 7.0 untuk bulan ini. Angka yang lebih rendah dari ekspektasi berpotensi melemahkan euro.

• Pidato Chairwoman Fed Janet Yellen
Angka NFP bulan Mei menjadikan pasar mengubah ekspektasi kenaikan suku bunga AS menjadi secepatnya bulan Desember tahun ini. Padahal, beberapa pejabat Federal Reserve mensinyalkan kenaikan suku bunga akan terjadi dalam beberapa bulan. Perubahan pernyatan yang cenderung pada dovish berpotensi semakin membebani dolar AS – KONTAKPERKASA FUTURES