PT Kontak Perkasa – Profit Taking Buat Minyak Dunia Jatuh

PT KONTAK PERKASA FUTURES YOGYA – Harga minyak dunia pada perdagangan hari ini jatuh, karena investor mengambil keuntungan (profit taking) setelah kemarin harga minyak melonjak hampir 5 % di sesi sebelumnya. Adanya kejutan stok minyak mentah AS (Amerika Serikat) dan dolar AS (USD) yang lebih kuat terhadap beberapa mata uang dunia membebani harga minyak. Harga minyak mentah AS (Amerika Serikat) merosot 45 sen menjadi USD 46,35 per barel pada pukul 00.07 GMT setelah mengakhiri sesi sebelumnya naik USD 2,06 atau 4,6 %.

Sementara, harga minyak brent turun 51 sen menjadi USD 47,96 per barel setelah sebelumnya naik sampai USD 2,22 atau 4,8 %. Mereka mencapai keuntungan harian terbesar sejak 8 April dan diikuti sesi Senin ketika minyak jatuh ke posisi terendah dalam dua bulan. Credit Suisse menaikkan perkiraan harga minyak 2016 pada Rabu untuk minyak mentah AS (Amerika Serikat), West Texas Intermediate (WTI) dan brent.

WTI Diperkirakan rata – rata berada di level USD 43,59 per barel tahun ini dibanding USD 36,91 di perkiraan sebelumnya, dan USD 55.00 per barel untuk tahun depan dibanding perkiraan sebelumnya di level USD 52,88. Sementara, harga minyak brent diperkirakan rata – rata berada di level USD 44,53 per barel tahun ini, naik dari perkiraan sebelumnya sebesar USD 37,77, dan rata – rata USD 56,25 per barel pada 2017, naik dari perkiraan sebelumnya sebesar USD 54,25.

Departemen Administrasi Informasi Energi (EIA) AS (Amerika Serikat) akan merilis data resmi persediaan mingguan pada hari ini. Setelah stok minyak data dari kelompok industri, American Petroleum Institute (API) pada Selasa menunjukkan persediaan minyak mentah AS naik 2,2 juta barel dalam pekan sampai 8 Juli sebesar 523.100.000, dibanding ekspektasi analis yang menurun dari 3 juta barel.

EIA pada Selasa memangkas proyeksi pertumbuhan permintaan minyak AS dan dunia untuk tahun ini, meningkat perkiraan pertumbuhan permintaan untuk 2017. Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) optimis pada prospek pasar minyak 2017 mengatakan dalam laporan bulanannya bahwa permintaan global untuk minyak mentah akan lebih tinggi dari produksi saat ini – PT KONTAK PERKASA

Sumber : ekbis.sindonews.com