10 Tips Zoom Meeting yang Penting Bagi Pemula – PT Kontak Perkasa

PT Kontak Perkasa – Saat harus bekerja atau belajar dari rumah selama pemberlakuan PPKM, Zoom Meeting menjadi aplikasi yang banyak digunakan untuk video conference. Jika kamu baru menggunakan Zoom Meeting, berikut 10 tips yang penting bagi pemula.
1. Atur kamera agar tidak buram di layar
Jika mendapati diri kamu terlihat buram saat di layar, periksa pengaturan kamera di Zoom. Caranya, klik ikon roda gigi di sudut kanan atas Zoom lalu navigasikan ke Video kemudian Camera.

Jika menggunakan kamera eksternal, kamu dapat memilihnya dari menu. Pilih opsi HD sehingga kamu dapat menggunakan kualitas definisi tinggi dari webcam agar tidak buram di layar.

Agar lebih ciamik lagi aktifkan opsi Touch Up My Appearance yang berada di bagian bawahnya. Dan bila berada di kondisi sedikit gelap, centang opsi Adjust for Low Light.

2. Pakaian saat Zoom
Memang tidak ada aturan baku soal pakaian yang dikenakan saat mengikuti sesi Zoom Meeting. Tapi ada dua pendekatan untuk menemukan warna terbaik yang dikenakan untuk rapat Zoom.

Pertama psikologi warna. Disarankan untuk memakai warna-warna cerah memicu emosi seperti optimisme, kepercayaan diri, dan kreativitas. Jadi, kamu disarankan memilih warna solid cerah seperti biru, hijau, merah, oranye, ungu, atau kuning.

Kecuali kamu berada di depan dinding kosong yang terang, warna hitam jadi preferensi yang disarankan.

Kedua pengalaman video yang dioptimalkan. Kamu disarankan untuk menghindari pola, dan memilih biru tua, abu-abu muda, dan putih lembut. Ini dianggap lebih mudah dilihat oleh peserta rapat lainnya.

Juga, pertimbangkan apa yang ada di latar belakang. Apakah pencahayaan terlalu gelap? Apakah ada sesuatu yang mengganggu yang akan dilihat oleh peserta rapat? Mungkin kamu membutuhkan latar belakang virtual.

3. Latar Belakang Zoom
Carilah latar belakang yang cocok. Aplikasi Zoom Meeting memiliki beberapa latar belakang virtual yang disertakan dan pengguna dapat men-upload foto sendiri jika diinginkan.

Untuk mengubah latar belakang Zoom di laptop caranya dengan tekan ikon gear di sudut kanan atas. Arahkan ke opsi Background & Filters, kemudian ketuk pilihan Virtual Background.

4. Kualitas audio
Beberapa laptop di pasaran telah dirancang dengan mikrofon yang dioptimalkan untuk panggilan Zoom. Tapi agar maksimal kamu bisa menggunakan mikrofon eksternal.

Jika ingin praktis bisa menggunakan headphone yang memiliki mikrofon eksternal, sehingga kualitas audio di telinga maupun orang yang mendengarkan jadi lebih jelas.

5. Kecepatan internet
Pastikan kecepatan internet yang kamu gunakan memadai untuk panggilan video Zoom Meeting. Agar tidak gangguan seperti video delay atau crash.

Zoom merekomendasikan kecepatan download dan upload yang ideal untuk layanan video conference-nya adalah 4 Mbps.

6. Mute
Poin ini sangat penting tapi terkadang orang lupa melakukannya. Mute diri sendiri saat tidak tengah berbicara.

Tujuannya agar suara yang ada di sekitar kamu tidak mengganggu orang yang tengah bicara dalam rapat. Tentu tidak lucu bukan ketika ada yang presentasi terganggu oleh suara ibu atau istri kamu memanggil namamu.

Untuk Mute sangat gampang, kamu cukup klik ikon mikrofon yang ada di sudut kiri bawah.

7. Baterai Penuh
Pastikan sebelum mengikuti rapat baterai laptop atau handphone dalam kondisi penuh. Atau dapat pula mencolokkan kabel charger ke laptop supaya kamu tidak mendadak keluar rapat karena kehabisan baterai. Padahal materi yang disampaikan penting dan tidak boleh dilewatkan.

8. Jangan Update Zoom
Melakukan update Zoom sangatlah penting untuk meningkatkan keamanan dan mendapatkan fitur baru. Tapi jangan lakukan sebelum kamu memulai rapat.

9. Shortcut Keyboard
Agar memudahkan ada sejumlah shortcut keyboard yang berguna untuk kamu:

Turn on/off video: Alt + V atau Command + Shift + V
Turn on/off screen sharing: Alt + S atau Command + Shift + S
Mute/Unmute Audio: Alt+ A atau Command+Shift+A
Screenshot: Alt + Shift + T atau Command + T
Record video: Alt + R atau Command + Shift + R

10. Raise Hand
Saat rapat virtual adalah sulitnya memberi sinyal saat kamu ingin mengatakan sesuatu. Bila berbicara langsung untuk menginterupsi dirasa kurang sopan.

Maka baiknya menggunakan fitur Raise Hand. Kamu bisa menggunakannya dengan menekan ikon Reactions yang berada di menu bawah, lalu pilih opsi Raise Hand. – PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com