Gagal Juara, Fajar/Rian Keluhkan Aturan Servis Baru – PT Kontak Perkasa

PT Kontak Perkasa – Aturan servis baru masih terus jadi keluhan bagi para pemain bulu tangkis Indonesia. Hal itu terlihat di turnamen Jerman Terbuka yang baru berlangsung.

Sejumlah pemain yang kalah di babak-babak awal termasuk Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja antara lain dipengaruhi oleh servisnya yang sering disalahkan wasit. Hal sama kembali terjadi di babak final, Ahad malam. Aturan servis baru–servis 115 sentimeter harus dilakukan dari atas permukaan lapangan– membuat pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal fokus.

Dalam pertandingan di Innogy Sportshalle, Fajar/Rian takluk dari pasangan Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko, 16-21, 18-21 dalam final yang berlangsung di Innogy Sportshalle. Sepanjang laga, servis kedua pemain kerap disalahkan wasit.

Di game pertama, servis Fajar dinyatakan fault oleh hakim servis sebanyak empat kali. Hal ini langsung mempengaruhi permainan Fajar/Rian yang merupakan unggulan ketujuh ini. Di game kedua, saat unggul 11-6, servis Fajar kembali di-fault wasit sebanyak lima kali di pertandingan ini.

Fajar menyatakan, servis yang fault itu membuat konsentrasi jadi buyar. “Dari pertama sudah enak banget mainnya, tetapi karena servis saya dinyatakan fault, konsentrasi saya jadi buyar,” kata dia. “Saya jadi memikirkan bagaimana supaya servisnya tidak di-fault. Di game kedua juga sudah memimpin jauh, tapi waktu di-fault lagi, ini pengaruhnya besar buat saya.”

Fajar mempertanyakan seandainya servis yang dilakukannya salah, mengapa sejak fase pertama tidak ada yang menyalahkan? “Sejak putaran pertama, servis saya baru sekali dibilang fault. Kalau dari awal kan saya jadi bisa belajar, tapi di fault nya di final begini mana bisa belajar di pertandingan final?” tuturnya.

Meskipun demikian, Fajar/Rian juga mengakui kalau lawan bermainnya hari ini, lebih baik dengan jarang membuat kesalahan-kesalahan sendiri.

Dalam pertandingan hari ini, dituturkan Rian, ia dan Fajar bermain terburu-buru ingin mematikan lawan, soal servis yang mempengaruhi konsentrasi Fajar juga membuat pola permainan mereka tak dapat berjalan sehingga membuat kesalahan-kesalahan sendiri.

“Kami tidak puas banget sama hasil di turnamen ini, terutama penampilan kami di final, intinya karena servis,” tutur Fajar.

Minggu ini, Fajar/Rian akan melanjutkan perjuangan di turnamen bulu tangkis bergengsi, All England 2018 yang akan dilangsungkan di Birmingham, Inggris. – PT Kontak Perkasa

sumber: Tempo.co