4 Fakta Seputar Upacara Pelantikan Presiden Joe Biden – PT Kontak Perkasa

PT Kontak Perkasa – Joe Biden akhirnya resmi menjadi Presiden Amerika Serikat (AS). Ada sejumlah fakta menarik terkait upacara pelantikan Biden ini.
Kamis (21/1/2021) pelantikan Biden digelar di West Front Gedung Capitol AS di Washington DC, dimulai pada Rabu (20/1) pukul 11.30 waktu setempat. Pembatasan sesuai protokol pandemi virus Corona (COVID-19) diberlakukan selama pelantikan berlangsung.

Biden diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung AS dan hakim agung John Roberts, sambil meletakkan tangannya di atas Alkitab berusia lebih dari 100 tahun milik keluarganya, yang dipegang oleh istrinya, Jill.

“Saya, Joseph Robinette Biden Jr, bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan secara setia menjalankan jabatan Presiden Amerika Serikat sesuai kemampuan terbaik saya, untuk mempertahankan konstitusi Amerika Serikat. Tuhan, tolong saya,” ucap Biden saat mengucapkan sumpah jabatannya.

Berikut fakta-fakta seputar upacara pelantikan Joe Biden:

1. Absennya Donald Trump

Donald Trump tak menghadiri upacara pelantikan penerusnya, Presiden AS terpilih, Joe Biden. Namun dia tetap menyaksikan pelantikan itu dalam perjalanan ke Florida.

Dilansir CNN, Rabu (20/1/2021) Trump menyaksikan proses pelantikan dalam penerbangan ke Florida. Momen ini disampaikan oleh reporter CNN, yang ikut dengan rombongan Trump.

Dia mengatakan Trump memantau proses pelantikan dalam perjalanan ke Palm Beach.

Trump keluar dari Air Force One tak lama setelah Wakil Presiden Mike Pence masuk ke upacara di US Capitol, tempat Joe Biden akan dilantik.

Trump sempat mengadakan upacara perpisahan singkat di Pangkalan Bersama Andrews pagi ini. Singkatnya, pernyataan tanpa naskah, dia berjanji untuk “selalu berjuang” dan berharap pemerintahan Biden yang baru “beruntung”.

“Anda adalah orang-orang yang luar biasa. Ini adalah negara yang hebat. Merupakan kehormatan dan hak istimewa terbesar saya untuk menjadi Presiden Anda, “kata Trump kepada kerumunan keluarga dan stafnya.

2. Pence dan Tiga Mantan Presiden AS Hadir

Wapres AS Mike Pence hadir di Gedung Capitol AS dengan didampingi istrinya, Karen. Pence tetap hadir meskipun tanpa Trump.

Sesaat sebelum seremoni pelantikan dimulai, Pence diumumkan memasuki lokasi pelantikan di West Front Gedung Capitol AS. Pence yang didampingi istrinya tampak memakai masker.

Dia disambut tepuk tangan oleh hadiri, termasuk mantan Presiden AS Barack Obama dan istrinya, Michelle.

Sementara itu, tiga mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Bill Clinton, George W Bush dan Barack Obama, juga telah tiba di Gedung Capitol AS, Washington DC. Ketiga mantan Presiden AS itu tiba secara terpisah dan langsung masuk ke dalam Gedung Capitol AS.

3. Pesan Trump untuk Biden

Trump menyampaikan catatan pesan untuk Biden. Pesan dari Trump untuk Biden itu diungkapkan seorang sumber yang memahami situasi ini.

Namun isi pesan itu belum diketahui pasti. Sang sumber itu tidak menjelaskan lebih lanjut isi pesan tersebut.

Untuk diketahui, salah satu tradisi modern Hari Pelantikan bagi presiden yang meninggalkan kantor adalah menulis surat kepada penerus mereka yang menawarkan harapan dan nasihat terbaik. Pesan ini biasanya ditinggalkan di Resolute Desk untuk dibaca saat presiden baru pertama kali memasuki Ruang Oval Gedung Putih.

Sementara itu, Melania Trump juga dilaporkan meninggalkan “pesan singkat selamat datang” untuk ibu negara AS yang baru, Jill Biden. Hal ini disampaikan oleh seorang sumber yang mengetahui hal tersebut kepada CNN. Tidak jelas di mana pesan itu ditinggalkan atau apa isinya.

4. Penonton Digantikan Bendera

Kehadiran para penonton yang biasanya ramai digantikan oleh lautan bendera AS yang memenuhi area National Mall, halaman antara Gedung Capitol AS dan Lincoln Memorial.

Keberadaan lautan bendera AS ini diputuskan di tengah kekhawatiran terkait virus Corona dan peningkatan keamanan setelah kerusuhan Capitol pada 6 Januari lalu. Publik dilarang menyaksikan pelantikan dari National Mall dan diimbau menonton dari televisi.

Ada perimeter keamanan yang ketat yang membungkus National Mall dengan hanya satu pintu masuk dan hanya jurnalis dan staf terpercaya yang diperbolehkan masuk.

Sebagai gantinya, panitia pelantikan telah menempatkan 200.000 bendera yang mewakili 56 negara bagian dan teritori AS. – PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com