8 Kesalahan Saat Bikin Ayam Goreng ala KFC – PT Kontak Perkasa

PT Kontak Perkasa – Ayam gorneg tepung yang gurih renyah disukai banyak orang, Tetapi seringkali hasilnya justru tepungnya lembek dan ayamnya berair.

Bisa jadi hal tersebut karena kesalahan-kesalahan kecil saja. Ayam goreng tepung produk resto fast food sudah punya standar pengolahan. Misalnya jenis potongan dan berat ayam, bumbu racik, tepung bumbu hingga mesin penggoreng ayam.

Tetapi bukan berarti Anda tak bisa bikin ayam goreng tepung seenak bikinan KFC. Meskipun terlihat mudah, ada beberapa proses kecil yang harus dicermati dan tak boleh dilewatkan agar hasilnya ayam goreng renyah tepungnya tetapi gurih dan juicy dagingnya.

1. Pakai ayam bersuhu dingin

Jika memakai ayam yang dibekukan, sebaiknya keluarkan dari freezer beberapa jam sebelum diolah hingga lumer atau bersuhu ruangan. Jika ayam disimpan dalam cooler atau kulkas, keluarkan beberapa saat sebelum dimasak.

Banyak orang langsung mengolah ayam yang masih dingin. Hal ini membuat bumbu perendam tak bisa meresap sempurna karena tekstur daging masih keras. Demikian juga saat dibalut tepung tak bisa terlapisi dengan baik. Jika ayam dingin digoreng maka akan membuat suhu minyak turun drastis dan ayam tak bisa garing sempurna.

2. Tidak mengeringkan ayam

Setelah ayam dicuci biasanya banyak air meresap ke dalam daging ayam. Jangan hanya ditiriskan saja. Sebaiknya keringkan ayam dengan tisu dapur yang tebal dengan cara menekan-nekan daging ayam hingga semua air keluar dari dagingnya. Ini untuk mengurangi cairan dari dalam daging agar saat digoreng lebih cepat matang dan kering.

3. Memakai bagian ayam tertentu saja

Pada pinsipnya semua bagian ayam bisa dibuat ayam goreng tepung. Tak hanya bagian sayap atau paha atas saja. Potong-potong ayam dengan ukuran kecil dan hampir sama besar.

Tujuannya agar daging ayam bisa matang merata dan bersamaan saat digoreng. Dengan beragam potongan daging ayam, Anda bisa menikmati gurih renyah sayap ayam dan gurih juicy daging dada ayam.

4. Tidak merendam ayam dengan bumbu

Proses perendaman bumbu pada daging ayam sebeum digoreng punya fungsi penting. Yang pertama rendaman bumbu akan membuat bumbu meresap hingga ke bagian serat dalam daging ayam. Hasilnya ayam akan terasa lebih gurih enak.

Yang kedua, rendaman bumbu yang mengandung rempah dan garam juga membuat tekstur ayam jadi lebih lembut. Karenanya jangan terlalu singkat dan jangan terlalu lama merendamnya. Antara 30 menit hingga 1 jam.

5. Tidak memijat daging saat melapisi tepung

Setelah direndam bumbu potongan ayam perlu dicelup dalam air es. Setelah itu barulah dilapisi adonan tepung berbumbu. Pertama pastikan tepung sudah dibumbui dengan campuran rempah yang cukup.

Dalam proses pelapisan, selalu pijat dan tekan-tekan tepung ke daging ayam sehingga melekat sempurna. Proses ini yang membuat tepung membentuk adonan yang ‘keriting’ dan renyah pada daging ayam. – PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com