5 Makanan yang Disukai Dewa Ganesha – PT Kontak Perkasa

PT Kontak Perkasa – Ganesha merupakan salah satu Dewa dalam agama Hindu. Disebut sebagai Dewa Pengetahuan dan kecerdasan, ada lima makanan yang disukai Ganesha.

Dalam kepercayaan agama Hindu, Ganesa adalah salah satu dewa yang terkenal dan dipuja. Dewa yang melambangkan kebijaksanaan ini, digambarkan memiliki kepala yang berbentuk gajah, dan membuatnya mudah diingat.

Ganesha memiliki banyak kisah yang berhubungan dengannya. Termasuk kecintaannya terhadap makanan enak, yang beragam. Ada beberapa makanan yang dipercaya sebagai hidangan yang disukai oleh Dewa Kecerdasan ini, dan alasan menarik dibaliknya.

Ganesha memiliki sebutan ‘Modapriya’ atau penggemar modak. Modak sendiri merupakan hidangan pangsit manis, yang diisi dengan kelapa, dan gula merah. Hidangan ini cukup populer hingga sekarang, dan jadi salah satu makanan yang paling disukai Ganesha.

Kisah bermula dari beberapa orang yang mampir ke gunung Kailash, dan memberikan hadiah modak ke Parvati, ibu dari dari Ganesha. Parvati meminta para putranya Ganesha dan Kartik, untuk membagi makanan ini dengan adil.

Namun Ganesha dan Kartik ternyata tak mau melakukan hal itu. Sehingga Parvati membuat sebuah kuis, di mana bagi mereka yang bisa mengelilingi dua sebanyak tiga kali dalam waktu tercepat. Bisa menikmati hidangan manis ini. Kartik langsung mengelilingi dunia.

Namun, berbeda dengan Ganesha yang hanya mengelilingi kedua orangtuanya sebanyak tiga kali. Untuk membuktikan bahwa bagi Ganesha, orangtuanya merupakan dunia baginya. Karena hal ini lah, Parvati memberikan modak kepada Ganesha. Hingga makanan manis ini selalu berkaitan dengannya.

Ganesha paling suka makanan manis, dan itu terbukti dari beberapa gambar hingga karya seni yang selalu memasukan makanan ladoo di salah satu tangannya. Diketahui sejak dulu, Ganesha sangat suka hidangan motichoor laddoo.

Ladoo sendiri merupakan manisan asal India, yang sekilas penampilannya tak berbeda jauh dari onde-onde Indonesia. Bedanya ladoo dibuat menggunakan kacang hijau, kapulaga, hingga tambahan rempah lainnya. Rasanya manis dan cukup kuat.

Alasan mengapa laddoo jadi salah satu makanan yang tak bisa dilepaskannya, karena Ganesha sangat menyukai rasa manis. Tak hanya jenis maotichoor laddos saja, Ganesha juga menyukai jenis manisan dan kue lainnya.

Puffed rice atau bola-bola beras ini merupakan salah satu snack, hingga jajanan yang populer di wilayah India dan sekitarnya. Rasanya gurih dan renyah, sekilas mirip seperti kue jipang dari Indonesia.

Ganesha dikenal sebagai Dewa yang tak pilih kasih, dan memiliki rasa kasih sayang yang sama ke kaum miskin mau pun yang kaya. Puffed rice sendiri awalnya dirubah menjadi laddoos, dan ditambahkan dengan gula merah lalu disajikan ke Ganesha.

Ada kisah dibalik makanan ini. Di suatu hari Ganesha hadir ke pesta milik orang kaya bernama Kubera. Di sana Ganesha disajikan berbagai makanan mewah, namun ia masih merasa belum kenyang. Akhirnya ada yang menyarankan Kubera, untuk memberikan kue beras ini kepada Ganesha.

Ketika Ganesha disuguhkan kue beras ini, ia akhirnya mulai merasa kenyang. Di mana Ganesha ternyata suka ngemil setelah makan, seperti kebanyakan orang.

Pisang ini selain populer di berbagai negara, juga menjadi salah satu buah kesukaan Ganesha. Pisang ini memiliki kisah yang erat dengan Ganesha.

Dalam kisahnya, Ganesha dipercaya memiliki dua istri, bernama Riddhi (kemakmuran) dan Siddhi (kekuatan spiritual). Namun di kepercayaan Bengal, terutama saat Durga Puja. Istri dari Ganesha ini selalu diberi nama ‘Wanita Pisang’. Karena pohon pisang yang dibalut dengan kain saree selalu berada di samping Ganesha.

Sehingga tak heran, buah ini disebut sebagai salah satu buah yang paling disukai Ganesha. Di mana buah pisang selalu menghilangkan rasa lapar dari Dewa yang satu ini.
Rumput durva memang bukan termasuk ke dalam makanan manusia. Namun rumput durva memegang makna spesial yang berkaitan dengan Ganesha. Dalam kisahnya, Ganesha pernah mengalahkan iblis bernama Analsura, dengan cara menelan iblis itu bulat-bulat.

Namun iblis itu memberontak di dalam perutnya, dan membuat masalah pencernaan. Tak ada yang bisa mengobati permasalahan Ganesha ini, sehingga ketika beberapa orang bijak menawarkan Ganesha 21 silet dari rumput durva, Ganesha langsung menerimanya.

Setelah memakan rumput durva, Ganesha langsung sembuh. Sehingga dari sana Ganesha selalu memanyantap rumput durva, untuk menyembuhkan segala penyakit pencernaannya. – PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com