5 Tips Menata Ruang Keluarga – PT Kontak Perkasa

PT Kontak Perkasa – Jika Bunda berencana membangun rumah minimalis, sebaiknya perhatikan desain setiap ruangan, terutama ruang keluarga ya. Tempat ini menjadi sudut yang sering digunakan untuk aktivitas bersama keluarga.

Ruang keluarga dengan konsep minimalis bisa memberi ruang yang cukup luas. Apalagi, tidak banyak furnitur yang digunakan.

Nah, mengutip berbagai sumber, berikut tips menata ruang keluarga rumah minimalis. Catat ya, Bunda!

1. Warna ruang keluarga

Bunda bisa gunakan warna netral untuk ruang keluarga di rumah minimalis. Agar tak terasa bosan, bisa tambahkan tekstur, misalnya tambahkan dekorasi beludru, karpet kulit, atau bantal kursi dengan manik-manik.

Usahakan semuanya dibuat atas dasar kenyamanan ya. Meski begitu, menurut Art Director dan Fotografer Sara Medina, jika kita mencampurkan terlalu banyak tekstur, bahan, dan warna yang berbeda, maka hasilnya bisa berantakan dan bikin pusing, Bun.

“Jika kita menggunakan bahan dasar putih, maka pilihlah warna lain seperti krem, abu-abu, cokelat, dan warna yang serupa. Secara umum, warna yang digunakan bisa menyatu dengan baik,” kata Medina.

2. Perhatikan skala barang dan furnitur

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap inci ruang minimalis yang digunakan. Sebagai contoh, pilih sofa kecil daripada sofa besar yang memakan tempat.

Selain itu, pilihlah meja kecil yang menyesuaikan sofa. Sebab, kesan minimalis dan ruang kecil dapat menyatu dengan sempurna, Bun.

3. Manfaatkan lantai

Salah satu elemen dalam kunci minimalis adalah menyoroti bentuk-bentuk yang sederhana dan tetap membumi. Misalnya, meja tanpa kaki yang langsung ditaruh di atas lantai.

Ruang keluarga terasa lebih sederhana jika bangku dan rak buku terbuat dari kayu alami. Furnitur ini bisa diletakkan di antara meja tanpa kaki.

4. Pilih furnitur dengan bijak

Di ruang keluarga minimalis, setiap item perlu memberikan kontribusi yang kuat. Meski hanya ada tiga item furnitur seperti dua kursi dan satu meja kecil, itu tetap membuat kesan kuat dan bersifat personal. Bunda bisa menambahkan perapian retro dengan pencahayaan dari lampu-lampu ultra-modern.

5. Tampilkan karya seni

Dinding di ruang keluarga bisa menjadi tempat untuk menampilkan karya seni, Bun. Ini bisa menambah kepribadian ruang keluarga yang minimalis.

Selain itu, menampilkan karya seni tidak memakan ruang. Bunda bisa tampilkan foto abstrak yang warnanya terhubung dengan efek atau warna bantal kursi. – PT Kontak Perkasa

Sumber : haibunda.com