7 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan – PT Kontak Perkasa

PT Kontak Perkasa – Buah matoa termasuk salah satu buah asli Indonesia. Tepatnya, buah dengan nama latin Pometia pinnata ini berasal dari Papua.

Buah ini banyak digemari lantaran rasanya yang lezat dan mirip dengan buah rambutan atau kelengkeng. Di Papua ada dua jenis buah matoa yang diketahui yaitu matoa kelapa dan matoa papeda Perbedaan keduanya dapat dilihat dari tekstur buahnya.

Selain lezat, buah matoa juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah tujuh manfaat buah matoa untuk kesehatan dan kecantikan yang dirangkum detikHealth dari berbagai sumber.

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah matoa bisa menurunkan tekanan darah tinggi berkat kandungan zat yang bersifat diuresis, yaitu meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari tubuh. Tidak hanya buahnya saja, ekstrak dari biji dan daunnya juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Jika kadar cairan di dalam tubuh tinggi akan membuat tekanan darah meningkat. Jadi, jika kadar cairan dalam tubuh normal bisa membuat tekanan darah turun.

2. Menangkal Penyakit Kronis

Manfaat buah matoa lainnya adalah untuk menangkal penyakit kronis. Pasalnya, buah matoa memiliki kandungan zat tannin yang merupakan antioksidan.

Antioksidan sendiri merupakan penangkal utama radikal bebas yang menyerang tubuh. Radikal bebas yang masuk dalam tubuh bisa menyebabkan sel-sel rusak hingga menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit, stroke dan diabetes.

3. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Buah matoa mengandung vitamin E dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesuburan wanita. Vitamin E yang ada di buah matoa mengandung antibodi yang bisa melindungi telur dan meningkatkan kesuburan sebesar 20-30%.

4. Kaya Vitamin dan Mineral

Selain vitamin E, buah matoa juga mengandung vitamin dan mineral lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan. Sebut saja vitamin C untuk menangkal radikal bebas, kalsium dan kalium.

5. Menghilangkan Stress

Selain manfaat di atas, buah matoa rupanya bisa menghilangkan stress. Karena buah ini mengandung beberapa senyawa yang bisa digunakan sebagai obat penenang alami.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E buah matoa membuat buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Tepatnya, buah ini bisa meningkatkan regenerasi sel kulit yang dapat mengurangi tanda penuaan.

Selain itu, vitamin E juga merupakan antioksidan yang bisa melindungi kulit dari paparan radikal bebas dan sinar UV.

7. Mencegah Jerawat

Siapa yang menyangka buah matoa bisa digunakan untuk mencegah jerawat? Pasalnya, buah berbentuk lonjong ini memiliki beberapa senyawa yang bersifat antimikroba sehingga bisa memerangi bakteri di kulit wajah penyebab jerawat. – PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com