Ada Apa Dengan Senin? – PT Kontak Perkasa Futures

PT Kontak Perkasa Futures – Tak terasa Senin kembali datang, semangat untuk menjalani hari ini pun belum kunjung tiba. Kok bisa begitu ya?

Banyak yang bilang Senin adalah hari yang paling menyebalkan dalam seminggu, dan ternyata ini juga dibuktikan dengan sejumlah fakta ilmiah seperti dilansir Mental Floss. Apa saja yang jadi pemicu rasa tersebut?

Pikiran kita adalah hal penting dalam jam tubuh kita. Ternyata, perubahan barang cuma sejam bisa mengacaukan pikiran kita. Ini pun terjadi dalam setiap akhir pekan. Karena pada hari kerja kita cenderung kurang tidur, pada akhir pekan kita menjadi ‘balas dendam’ yang akhirnya benar-benar jadi berlebihan.

Menurut para ilmuwan, jam tidur tambahan yang berlebihan itu membuatmu lebih lelah di awal minggu. Inilah alasan kamu lebih sulit untuk bangun pada hari Senin pagi meskipun sudah berpikir banyak beristirahat pada akhir pekan.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa ketika kamu meminta orang untuk merekam emosi mereka secara berkala, ternyata hari Senin tidak lebih membuat stres atau tertekan daripada hari Selasa, Rabu, atau Kamis. Tetapi jika kamu meminta orang untuk mengingat hari yang terburuk, mereka akan selalu mengatakan Senin.

Hal tersebut lebih disebabkan oleh ada perubahan emosional yang lebih besar dari hari Minggu (hari akhir pekan yang bahagia) ke hari Senin (hari kerja). Jadi, itulah mengapa Senin bikin kita sudah malas duluan sebelum menjalaninya.

Akhir pekan mungkin diisi dengan hari-hari yang menyenangkan. Kesehatan fisik juga menjadi terganggu karena bisa jadi makanmu jadi tidak lebih sehat. Ini juga yang mungkin menjadi alasan mengapa sebuah penelitian yang menemukan bahwa wanita Amerika dari segala usia dan lokasi merasa paling tidak menarik pada hari Senin.

Orang-orang juga melihat hari Senin sebagai hari terbaik untuk mengubah sesuatu tentang diri mereka sendiri. Kamu lebih cenderung mempertimbangkan (atau benar-benar memulai) diet pada hari pertama minggu. Meskipun ini adalah perubahan positif, itu tidak menyenangkan untuk benar-benar dilakukan.

Menurut jajak pendapat Gallup, 70 persen orang membenci atau benar-benar tidak dapat menikmati pekerjaan mereka. Ini berkontribusi pada apa yang oleh para psikiater dan pelatih karier sebut ‘Monday Blues’.

Perasaan depresi dan kecemasan dapat dimulai pada Minggu malam, yang mengarah pada hari Senin yang tidak produktif. Itu mungkin sebabnya 37 persen dari lamaran pekerjaan diajukan pada hari Selasa, lebih dari hari lainnya. – PT Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com