Tetap Berenergi Sepanjang Hari – PT Kontak Perkasa Futures

PT KONTAK PERKASA FUTURES YOGYAKARTA – Kurang tidur dan istirahat di tengah aktivitas yang padat bisa membuat tubuh anda kelelahan. Tubuh yang lelah bisa memicu penyakit atau merasa lemas sepanjang hari sehingga membuat anda malas beraktivitas.

Selain kurang istirahat, diet juga bisa memicu kelelahan. Ini karena asupan kalori dan cairan yang berkurang selama menjalani program diet sehingga tubuh anda kekurangan energi.

Enam tips berikut ini dapat membantu tubuh anda tetap berenergi saat menjalankan aktivitas sehari – hari :

1. Suplemen

Energi yang tinggi berasal dari mengonsumsi makanan yang tepat dan sehat setiap hari. Tetapi, karena tidak setiap hari anda makan dengan benar, sebaiknya minum suplemen multivitamin terutama yang mengandung zat besi.

2. Hindari kelaparan

Saat lapar, anda tidak akan fokus dalam mengerjakan hal apa pun. Agar kadar gula darah tidak menurun dan bisa tetap mempertahankan energi, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Pilih karbohidrat kompleks yang bisa mempertahankan kadar gula darah seperti oatmeal (gandum) dengan buah.

3. Jangan sampai dehidrasi

Kekurangan air dalam jumlah kecil saja dapat mengganggu kemampuan anda untuk melakukan yang terbaik dan berolahraga. Dehidrasi dapat menyebabkan pusing dan peningkatan denyut jantung juga pernapasan.

Selain itu, saat berolahraga jangan menunggu hingga anda merasa haus. Minum sesuatu setiap 15 menit saat anda berjalan santai.

4. Jaga kadar kalori

Makanan ringan seperti wafer mengandung tinggi kalori yang dapat membatalkan manfaat dari pembakaran lemak di tubuh anda.

Jangan penuhi asupan tubuh anda sebelum olahraga dengan makanan tinggi kalori. Cukup minum air satu gelas dan konsumsi camilan yang mengandung 100-200 kalori saja untuk membangun energi tubuh anda.

5. Pilih protein yang tepat

Protein memang tidak memberikan anda energi berlebih, tapi protein bisa memberi anda daya tahan dan kekuatan untuk bisa melakukan berbagai kegiatan.

Protein juga membantu untuk menumpulkan kenaikan gula darah setelah makan yang membantu menyebarkan energi ke seluruh tubuh.

Selain itu, makan protein usai olahraga dapat membantu merangsang pembangunan otot. Semakin banyak otot yang anda miliki, semakin banyak kalori yang dibakar.

6. Membatasi lemak

Lemak adalah nutrisi terakhir yang meninggalkan perut anda dan turun dengan lambat di saluran cerna. Ketika anda makan apa pun, pencernaan membutuhkan tubuh untuk meningkatkan sirkulasi bagi saluran pencernaan anda. Jangan sampai tubuh meningkatkan aliran darah ke perut, karena yang dibutuhkan adalah aliran darah ke otot.

Pada dasarnya, makan yang benar bisa selalu segar berenergi. Karbohidrat adalah sumber energi yang terbaik. Karbohidrat seperti biji – bijian, buah – buahan dan sayuran terurai menjadi gula dalam tubuh yang memberikan anda energi.

Namun, terlalu banyak karbohidrat bisa membuat gula darah menurun sehingga anda cepat merasa lelah. Untuk tetap mempertahankan energi, gabungkan karbohidrat dengan protein yang menjaga gula darah stabil – PT KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : health.liputan6