Cara Menjaga Kesehatan Jantung – PT Kontak Perkasa Futures

PT Kontak Perkasa Futures – Terkadang kita menyepelekan kesehatan jantung. Meskipun masih muda, kita tetap harus menjaga kesehatan jantung. Bagaimana caranya?

Penyakit jantung disebut penyakit yang banyak merenggut nyawa. Oleh karena itu ada beberapa cara menjaga kesehatan jantung dengan mudah.

Berikut cara menjaga kesehatan jantung dengan mudah :
1. Kurangi Garam

Makan banyak garam dapat berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi, faktor risiko penyakit kardiovaskular. Mengurangi garam adalah bagian penting dari cara menjaga kesehatan jantung.

Makanan cepat saji dan olahan seperti sup, makanan panggang, dan makan malam beku, mengandung banyak garam. Makan makanan segar, membuat sup sendiri dapat mengurangi jumlah garam yang dikonsumsi. Namun jika kamu suka makan sup kalengan atau makanan siap saji, cari yang memiliki kadar garam rendah.

2. Rajin Olahraga

Cara menjaga kesehatan jantung lainnya yakni rajin olahraga. Badan kita harus bergerak agar jantung sehat. Sebaiknya olahraga setiap hari selama 30 menit seperti treadmill, berenang, atau berjalan kaki.

3. Makan Banyak Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral yang baik, serta rendah kalori dan kaya serat makanan. Sayuran dan buah-buahan mengandung zat yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Makan lebih banyak buah dan sayuran dapat membantu mengurangi makanan berkalori tinggi, seperti daging, keju, dan makanan ringan.

4. Pilih Sumber Protein Rendah Lemak

Daging tanpa lemak, unggas dan ikan, produk susu rendah lemak, dan telur adalah beberapa sumber protein terbaik. Ikan adalah makanan terbaik untuk daging tinggi lemak. Jenis ikan tertentu kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat menurunkan lemak darah yang disebut trigliserida. Kamu akan menemukan asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi pada ikan seperti salmon. Sumber lainnya yakni kacang kenari dan kacang kedelai.

Kacang-kacangan dan kacang polong juga merupakan sumber protein yang baik dan mengandung lebih sedikit lemak serta tanpa kolesterol. Mengganti protein nabati dengan protein hewani, misalnya burger daging diganti burger kedelai atau kacang akan mengurangi asupan lemak dan kolesterol, serta meningkatkan asupan serat.

5. Jangan Stres

Jangan biarkan diri kamu stres karena pekerjaan kantor, pekerjaan rumah, pekerjaan kuliah, atau pekerjaan sekolah. Kalau stres, detak jantung kita akan meningkat, otot tegang, dan tekanan darah naik. Hal ini membuat jantung tidak sehat. Cara mengatasi stres salah satunya tarif nafas dalam-dalam dan melakukan aktivitas kesukaan, seperti mendengarkan musik.

Itulah cara menjaga kesehatan jantung dengan mudah. Mencegah lebih baik dari mengobati. – PT Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com