Ini Skill yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja 5 Tahun ke Depan – PT Kontak Perkasa Futures

PT Kontak Perkasa Futures – Penasaran dengan skill apa saja yang dibutuhkan di dunia kerja? Sebagai mahasiswa yang akan atau baru lulus, tentu dunia kerja menjadi pilihan untuk digeluti. Namun, tak banyak yang tahu sebenarnya apa saja yang dibutuhkan saat memasuki dunia kerja.

Seperti yang diketahui, pada dunia kerja modern yang serba digital, mengandalkan nilai akademik dan latar belakang kampus saja tak cukup.

Setiap individu setidaknya harus punya skill atau kemampuan yang dimiliki agar sanggup beradaptasi di dunia kerja pada masa mendatang.

Nah, untuk mengetahui skill yang dibutuhkan mahasiswa di dunia kerja lima tahun mendatang, berikut rangkumannya dikutip dari laman resmi Universitas Bina Nusantara (Binus), Senin (25/10).

Skill paling dibutuhkan di dunia kerja 5 tahun ke depan:

1. Kritis dan mampu memecahkan masalah yang kompleks

Skil pertama yakni pemikiran kritis dengan pandangan detail dan teliti terhadap kondisi pasar di masa depan. Dengan skill ini, setiap individu memiliki aset berharga yang banyak dibutuhkan perusahaan.

Terlebih jika kemampuan kritis dibarengi dengan kemampuan memecahkan masalah dan memberi solusi. Tentu hal ini akan menjadi nilai plus, yang bisa membantu perusahaan menyelesaikan persoalan dengan tingkat kompleksitas yang berbeda-beda.

2. Global mindset

Sebagai generasi muda yang hidup di dunia modern, pemikiran mahasiswa harus memiliki standar yang tinggi.

Misalnya, dalam menganalisa sesuatu tak hanya berpikir satu masalah saja namun bisa menganalisa apa yang akan terjadi dalam skala luas di masa depan.

Untuk memiliki skill ini, mahasiswa bisa mengikuti organisasi atau memiliki pengalaman kerja saat kuliah. Hal itu berguna untuk membuka wawasan terhadap berbagai hal.

Selain itu, mahasiswa juga harus mengikuti perkembangan terkini serta banyak membaca buku dan bertukar pikiran.

3. Memiliki jiwa kepemimpinan

Pada saat di dunia kerja, akan banyak ditemukan banyak bos atau atasan, namun tidak semuanya memiliki jiwa kepemimpinan.

Jiwa kepemimpinan yang dimaksud adalah harus memiliki keseimbangan antara kemajuan pekerjaan, simpati, empati, serta pemikiran yang selangkah lebih maju dibanding lainnya.

Dengan jiwa kepemimpinan, individu tak hanya bisa memahami dunia pekerjaan tapi sanggup mengetahui dengan cepat kondisi sosial yang ada.

4. Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk menerima, mengontrol dan mengelola emosi diri dan orang lain di sekitarnya.

Kemampuan ini akan sangat berharga di dunia kerja. Bahkan untuk beberapa sektor, seperti kesehatan dan bidang sosial, kemampuan ini akan selalu dibutuhkan.

5. Menguasai teknologi, desain, atau pemrograman

Dunia kerja modern tak lepas dari berkembangnya teknologi. Oleh karena itu, bagi mahasiswa yang menguasai bidang teknologi kemampuan iniakan sangat dicari.

Di samping itu tentu, harus disempurnakan dengan pemikiran inovatif dan kreatif. Di masa depan, banyak perusahaan yang akan mengantre untuk mendapatkan pekerja dengan skill bidang teknologi seperti Artificial intelligence, cloud computing, coding, ataupun UI/UX design. – PT Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com