Afrika Kontes Kecantikan Pria – PT Kontak Perkasa Futures

PT Kontak Perkasa Futures – Namanya kontes kecantikan, pastilah untuk wanita. Namun di pedalaman Afrika sana, justru ada kontes kecantikan bagi pria. Seperti apa ya?

Beda negara, beda pula suku dan tradisinya. Afrika yang punya banyak suku pun punya tradisi yang unik nan tak pernah terbayangkan. Mari ke Niger, tepatnya ke bagian utaranya di wilayah In Gall. Cukup jauh jaraknya dari Niamey, ibukota negara Niger yakni 12 jam naik mobil.

Dilansir dari CNN Travel dan BBC, Rabu (29/3/2017) perjalanan yang melelahkan akan terbayar impas saat bertemu dengan suku Wodaabe. Suku yang masih hidup secara tradisional dan menempati wilayah di sekitar Danau Chad.

Sekali dalam setahun, mereka punya upacara adat yang bernama Gerewol. Upacara yang menampilkan para pria yang berdandan. Semacam ‘A Male Beauty Contest’ atau jika diterjemahkan Kontes Kecantikan Pria!

Ya, para prianya akan menghiasi wajah mereka. Mereka akan mengecat wajahnya menjadi oranye atau kuning dari campuran buah-buahan. Beberapa garis putih pun menghiasi hidungnya, tak ketingglan beberapa pernak-pernik.

Pernak-perniknya seperti hiasan kepala sampai kalung. Mereka lalu berdiri sejajar membentuk barisan panjang. Lantas, senyum mengembang dengan mata yang terbelalak. Agar ‘kecantikannya’ benar-benar makin memancar.

Para turis yang datang pun dapat melihat langsung dan memotret mereka. Tahukah kamu, ada maksud dan tujuan di balik kontes kecantikan pria ini. Sebab saat mereka tampil, saat itulah para wanita suku Wodaabe bakal melihat dan memilih yang paling mencuri hati.

Selain itu, rupanya upacara adat tersebut juga dikenal sebagai ajang menculik istri. Ternyata suku Wodaabe dari kecil sudah dijodohkan berdasarkan keturunan (ada 15 keturunan di sana). Barulah setelah dewasa, mereka bebas memilih jodoh sesuka hati lewat upacara adat Gerewol tersebut.

Sayangnya, pencurian istri ini sering menjadi perselisihan antara istri muda dan istri tua. Wanita yang dicuri pun harus hidup bersama suami barunya dan meninggalkan keluarga lamanya. Jika sang wanita ternyata telah memiliki anak, terpaksa ia harus meninggalkan sang anak dengan suami lamanya. Hal inilah yang membuat hubungan antara ibu dan anak di Suku Wodaabe tidak terlalu kuat.

Bagi turis yang penasaran dengan upacara adat Gerewol ini, sudah terdapat banyak operator tur di Niger dan sekitarnya yang menjual paket wisata ke sana. Beberapa di antaranya seperti Niger Travel and Tours dan Palace Travel – PT Kontak Perkasa Futures

Sumber:travel.detik