Penyakit Sering Menyerang Wanita – PT Kontak Perkasa Futures

PT Kontak Perkasa Futures, Yogyakarta – Ada beberapa jenis penyakit tertentu yang banyak menyerang wanita, atau hanya menyerang wanita. Contohnya, perempuan lebih gampang mengalami depresi dan kurang gizi.

Berikut beberapa jenis penyakit yang banyak menyerang wanita dan harus diwaspadai sejak dini:

1. Kanker serviks
Menurut statistik, sekitar 260 ribu perempuan meninggal dunia setiap tahun akibat kanker serviks, 85 persen di antaranya di negara berkembang. Penyebab utamanya adalah human papillomavirus (HPV). Meski sekarang sudah ada vaksin untuk melawan HPV, tak semua perempuan mewaspadai penyakit ini.

2. Jantung
Menurut Pusat Pengontrol dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, penyakit jantung adalah penyebab 29 persen kematian wanita. Penyebabnya adalah stres, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan obesitas. Bila tidak diatasi, penyakit ini bisa menyebabkan serangan jantung dan bahkan stroke.

3. Kanker payudara
Sekarang ini, kanker payudara sudah seperti penyakit gaya hidup dan masalah serius yang bisa mempengaruhi setiap wanita. Penelitian baru-baru ini menunjukkan meskipun dokter makin mahir dalam menangani penyakit ini, jumlah penderitanya terus meningkat. Penyebabnya kebanyakan karena gaya hidup, seperti menunda menikah dan punya anak, lebih stres, dan tidak aktif secara fisik.

4. Polycistic Ovarian Syndrome (PCOS)
Menurut statistik, 10 persen perempuan usia reproduktif menderita penyakit ini. Sindrom ini menyebabkan kista kecil pada rahim selama masa pembuahan dan memunculkan rasa sakit yang luar biasa. Kista juga bisa terinfeksi dan pecah, dan kemungkinan menyebabkan kerusakan uterus dan kesuburan. Penderita PCOS biasanya juga mengalami kegemukan, menstruasi tidak teratur, berjerawat, dan rambut yang tumbuh lebih lebat di berbagai bagian tubuh.

5. Osteoporosis
Sebenarnya bukan hanya wanita yang bisa mengalaminya tapi juga pria. Tapi ancaman terbesar justru pada wanita. Osteoporosis menyebabkan tulang rapuh dan mudah patah atau retak. Penyebabnya adalah kekurangan vitamin D dan kalsium, merokok, atau terlalu banyak minum alkohol.

6. Depresi
Penyakit ini lebih banyak menyerang wanita dan tak lepas dari perubahan hormon. Contohnya depresi pascamelahirkan. Gaya hidup yang salah juga bisa menyebabkan depresi, selain riwayat keluarga dan kekerasan di masa kecil – PT Kontak Perkasa Futures

Sumber:cantik.tempo