Vaksin Sinovac Mulai Didistribusi – PT Kontak Perkasa Futures

PT Kontak Perkasa Futures – Sebanyak 3 juta vaksin COVID-19 dari Sinovac mulai didistribusikan ke seluruh daerah di Indonesia. Pemerintah Kota Bogor dan Tangerang Selatan kompak memakai Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) untuk menampung vaksin Sinovac.
“Jadi kalau kita sebetulnya sudah siap. Artinya kita Dinkes di Labkesnya itu kita udah siapkan tempat untuk penampungan vaksinnya,” kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, kepada wartawan, Minggu (3/1/2021).

Dedie menyebut Labkesda menjadi tempat penyimpanan vaksin, sebelum didistribusikan ke puskesmas di Kota Bogor. Menurutnya, fasilitas di Labkesda telah sesuai dengan persyaratan dan spesifikasi vaksin tersebut.

“Jadi nanti setelah itu kita distribusikan ke puskesmas-puskesmas yang ditunjuk. Tapi sejauh ini, so far sudah kita siapkan,” ujar Dedie.

Dia mengatakan pihaknya mengajukan 170 ribuan dosis untuk vaksinasi tahap awal di Kota Bogor. Namun, Dedie belum bisa memastikan apakah jumlah pengajuan akan sesuai dengan apa yang dialokasikan oleh pemerintah pusat.

“Kalau ajuan kita 170 ribuan paket warga yang mendapatkan, yang kita usulkan tahap pertama. Terus terang kita belum tahu berapa banuak yang nantinya dialokasikan pemerintah,” katanya.

Dihubungi terpisah, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie menyatakan hal yang sama dengan Dedie. Di Tangsel juga tempat yang sudah disiapkan untuk menyimpan vaksin Sinovac adalah Labkesda Kota Tangsel.

“Dari sejak awal kita mempersiapkan tempat di Dinas Kesehatan ada Labkesda kita siapkan. Itu kan suhunya harus tertentu, kita siapkan tempat di sana,” katanya.

Benyamin belum bisa memastikan tempat itu dapat menampung berapa banyak. Namun, dia menegaskan bahwa tempat itu memiliki fasilitas pendingin yang mumpuni untuk menjaga kualitas vaksin Sinovac.

“Itu kan Dinas Kesehatan sebelahnya ada PMI, sebelahnya Labkesda. Nah tempat itu punya fasilitas Freezer kayak gitu yang akan digunakan untuk itu,” katanya.

Seperti diketahui, Juru Bicara Vaksin COVID-19 PT Bio Farma Bambang Herianto mengungkap bahwa sebanyak 3 juta dosis vaksin dari Sinovac telah tiba di Indonesia. Vaksin sebanyak itu akan didistribusikan ke 34 provinsi di Indonesia mulai hari ini.

“Betul mulai hari ini vaksin akan mulai kita distribusikan ke 34 provinsi,” Bambang, dalam konferensi pers Update Target Penyelesaian Vaksinasi dan Kesiapan Vaksin COVID-19, Minggu (3/1).

Bambang menyebut pihaknya telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk pendistribusian vaksin tersebut. Menurutnya, 10 ribu puskesmas serta lebih dari 40 kantor kesehatan pelabuhan (KKP) di Tanah Air telah disiapkan untuk mendukung proses distribusi vaksin Sinovac.

“Semuanya sudah disiapkan untuk rantai dinginnya untuk menerima vaksin ini. Karena vaksin ini kan ini bukan program pertama kali dilakukan di Indonesia, banyak sekali program vaksinasi selama ini dan berjalan baik dilakukan oleh Kementerian Kesehatan,” ujar Bambang. – PT Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com