Inspirasi 4 Tempat Liburan di Tegal – PT Kontak Perkasa

PT Kontak Perkasa – Ada banyak tempat wisata di Tegal untuk liburan akhir pekan. Kamu bisa dapat idenya dari kunjungan Cawapres 02 Sandiaga Uno.

Pekan lalu, Cawapres 02 Sandiaga Uno berkampanye di Tegal. Dia menyempatkan diri untuk datang ke sejumlah tempat wisata di Tegal. Tempatnya asyik nih, bisa kamu tiru untuk itinerary liburan kamu sendiri.

Senin (4/3/2019) inilah ide liburan di Tegal ala Sandiaga Uno:

1. Desa Wisata Cempaka

Sandiaga Uno mendatangi Desa Wisata Cempaka di Kecamatan Bumijawa, Tegal. Desa di kawasan lereng Gunung Slamet ini memiliki panorama yang indah dan berhawa sejuk.

Yang menarik dari desa ini adalah Pasar Slumpring yang digelar setiap hari Minggu. Pasar ini menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Tegal karena keberadaannya yang unik. Dimana, transaksi jual beli, semuanya menggunakan bilah bambu yang berfungai sebagai koin.

Di desa ini ada saung dengan latar belakang gunung dan air jernih kolam ikan, juga kabut tipis pegunungan. Cocok banget untuk liburan akhir pekan.

2. Kawasan Wisata Guci

Sandiaga Uno yang hobi berlari, menjajal kawasan Wisata Guci Tegal. Suasana pegunungan, hutan pinus dan hamparan pemandangan yang menghijau, makin menambah semangat untuk berlari sejauh lima kilometer.

Sandi mengaku kagum akan keindahan alam pesona Guci yang berhawa sejuk. Bahkan dia menyamakannya dengan Pegunungan Rocky di Colorado, Amerika Serikat saat musim semi.

Menurut Sandi potensi wisata Guci Tegal bisa ditingkatkan dengan lebih baik lagi untuk menambah jumlah kunjungan wisatawan. Salah satunya adalah dengan mengurangi jumlah kendaraan dan menambah shuttle bus.

3. Sate Balibul Tuwel

Liburan ke Tegal barulah lengkap kalau mencoba wisata kuliner di Tegal yaitu Sate Balibul Tuwel. Rumah makan sate kambing khas Tegal ini berada di pinggir jalan raya, sebelum masuk ke wilayah wisata Guci Tegal.

Sandiaga Uno juga mampir ke sini. Menu favorit di sini adalah sate kambing, sop, gulai dan teh poci. Sate kambing itu dibakar dengan arang membara. Untuk sambalnya disajikan terpisah, yaitu bawang merah mentah, tomat dan kecap juga tumbukan cabai rawit. Bumbu ini disiram dengan kecap manis.

Balibul artinya di bawah lima bulan, jadi ini adalah daging kambung muda yang empuk banget. Kamu mesti coba deh!

4. Wisata Religi Makam Habib Muhammad bin Thohir Al Hadad

Makam Habib Muhammad bin Thohir Al Hadad adalah ulama kharismatik asal Hadramaut, Yaman yang wafat di Tegal. Dia dilahirkan di Kota Geidun, Hadramaut pada tahun 1838. Habib Muhammad berdagang dan berdakwah ke Indonesia dan meninggal di Tegal tahun 1885.

Habib Muhammad adalah penyebar agama Islam di wilayah pesisir Pantura, Tegal. Setiap tahun digelar peringatan Haul Habib Muhammad bin Thohir al Hadad yang dihadiri ribuan orang.

Makamnya pun berkembang menjadi destinasi wisata religi. Sandiaga Uno pun menyempatkan berziarah ke sini. Wisata religi di makamnya pun memberikan ladang rezeki bagi masyarakat.

Di sekitar kawasan makam memang dipenuhi para pedagang. Mereka menjual makanan dan minuman hingga aksesori. Sempatkan juga berziarah ke makamnya kalau kamu liburan ke Tegal.

Nah, itulah 4 tempat wisata di Tegal yang terinspirasi dari kunjungan Sandiaga Uno. Komplit nih, ada desa wisata, wisata alam, kuliner dan religi. Semua itu bisa didatangi dalam liburan akhir pekan kamu selanjutnya! – PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com