PT Kontak Perkasa – Tumbuh Anak Terhambat Akibat Gadget

PT KONTAK PERKASA YOGYA – Agar anak tak rewel, orang tua dewasa ini kerap menyodori mereka dengan gadget seperti iPad atau tablet. Apalagi kalau bukan untuk mengalihkan perhatian mereka. Secara mental, membiasakan anak untuk bermain gadget sejak usia dini akan mematikan kreativitas mereka.

Tetapi sebenarnya yang paling terasa dampaknya adalah fisik mereka. Para peneliti tengah melakukan pengamatan pada dua kelompok anak berusia 3 – 4 tahun, masing – masing terdiri atas 10 anak. Satu kelompok terdiri atas anak – anak yang bermain dengan mainan sungguhan, sedangkan kelompok lainnya menggunakan perangkat elektronik.

Dalam lima tahun ke depan, Straker ingin mengamati dampak penggunaan gadget terhadap kondisi fisik, mental dan kemampuan bersosialisasi mereka. Dari hasil pengamatan awal sudah terlihat perbedaan mencolok di antara keduanya. Anak yang bermain dengan mainan sungguhan enam kali lebih sering menggerakkan lengan dan tangannya daripada saat menonton TV dan tiga kali lebih banyak ketika diberi iPad sekalipun.

Mereka juga dua kali lebih banyak menggerakkan seluruh anggota tubuhnya saat menggunakan iPad dan tiga kali lebih banyak saat menonton TV. Sedangkan anak yang terbiasa bermain dengan iPad hanya sanggup menggerakan lengan dan tangan serta seluruh anggota tubuhnya tak lebih dari 15 menit. Peneliti menjelaskan ada dua alasan yang mendasarinya :

Pertama, karena menggunakan gadget, anak jadi lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk ketimbang berlarian maupun kegiatan fisik lainnya yang bisa memberikan stimulus untuk membentuk tulang dan otot yang sehat.

Kedua, anak juga menghabiskan banyak waktu dalam posisi duduk yang buruk semisal dengan leher tertunduk lama sehingga mereka rentan mengalami nyeri leher.

Menurutnya, anak-anak hanya boleh menggunakan gadget tak lebih dari 15 menit sehari saja. Bahkan untuk perangkat elektronik secara menyeluruh bila ditotal hanya boleh satu jam saja – PT KONTAK PERKASA

Sumber : health.detik.com