PT Kontak Perkasa – Cara Membuat Komunikasi Lebih Efektif

PT KONTAK PERKASA YOGYAKARTA – Komunikasi memiliki peran penting untuk memastikan perusahaan atau organisasi anda berjalan dengan lancar. Ada beberapa alasan mengapa menjalin komunikasi yang baik dalam sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Salah satunya adalah karena komunikasi terbuka akan mendorong munculnya inovasi.

Saat para pekerja merasa nyaman untuk menyampaikan pendapat mereka, maka mereka akan dengan senang hati menyampaikan ide baru yang dapat mendorong munculnya inovasi. Alasan lainnya adalah karena komunikasi yang efektif berarti tim yang efektif. Tidak hanya itu, tim yang dapat saling berkomunikasi dengan baik juga akan memiliki semangat yang lebih tinggi. Berikut tips yang bisa anda terapkan saat dikantor :

1. Bicaralah Dengan Padat Dan Jelas

Tidak ada orang yang suka saat seseorang berbicara dengan bertele – tele. Karena itu, sebaiknya anda langsung membahas topik yang hendak anda bicarakan. Sampaikan apa yang anda inginkan dengan jelas dan pastikan kalimat anda tidak ambigu, sehingga lawan bicara anda tidak akan salah paham mengenai apa yang ingin anda sampaikan.

2. Jaga Sikap

Selain gaya bicara, satu hal lain yang harus anda perhatikan adalah bahasa tubuh. Sebisa mungkin, jangan memberikan kesan seolah anda tidak ingin berbicara dengan lawan bicara anda. Jika anda berbicara sambil berdiri, berdirilah dengan tegak. Tatap lawan bicara saat anda sedang berbicara dengannya. Selain itu, jangan berbicara sambil menggunakan smartphone anda.

3. Terbuka Dengan Ide Yang Orang Lain Berikan

Komunikasi layaknya sebuah jalan dua arah. Karena itu, selain menyampaikan ide yang anda miliki, sebaiknya anda juga mendorong rekan kerja untuk menyampaikan ide mereka. Untuk itu, anda dapat membuat diskusi terbuka atau menanyakan lebih lanjut tentang ide yang mereka miliki. Saat teman atau bahkan atasan menyampaikan sesuatu yang mungkin anda rasa salah, sebaiknya anda tetap menunjukkan sikap menghormati mereka dan pendapat mereka saat menyampaikan argumen anda.

4. Manfaatkan Teknologi

Komputer memiliki bodi yang besar, sehingga hanya bisa digunakan di kantor atau di rumah. Kemudian, muncul laptop, yang memungkinkan anda untuk membawa laptop bepergian. Kini, anda bisa menggunakan tablet atau bahkan smartphone untuk bekerja. Dengan teknologi yang semakin canggih, smartphone yang ada sekarang ini semakin bertenaga. Sehingga, semakin banyak hal yang bisa anda lakukan melalui smartphone, termasuk bekerja. Selain itu, jaringan internet di Indonesia juga terus membaik.

Tahun lalu, operator – operator besar Indonesia secara resmi meluncurkan internet 4G nasional. Layanan internet 4G menawarkan internet dengan kecepatan yang lebih baik dari 3G. Gabungan antara smartphone bertenaga dan internet yang cepat akan memudahkan anda berkomunikasi dengan rekan kerja – PT KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : ekonomi.metrotvnews.com