Kunci Pulih dari COVID-19 – PT Kontak Perkasa

PT Kontak Perkasa – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi sejak 5 Mei kemarin sudah bisa beraktivitas lagi di kantor pasca sakit COVID-19. Selama sekitar tiga jam di kantor dia sempat memimpin rapat terbatas (Ratas) terkait restrukturisasi BUMN di lingkungan Kementerian Perhubungan, menerima sejumlah teman lama, dan mengikuti tausyiah dari KH Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah.
“Di ratas saya memberikan masukan. Setelah itu bertemu dengan beberapa sahabat masing-masing dibatasi cuma 2 menit,” kata Budi Karya, Selasa (5/5/2020).

Dalam perbincangan sekitar 40 menit melalui aplikasi Skype, Sarjana Arsitektur dari UGM itu menghindar untuk berbicara seputar kebijakan. Ia lebih suka berbagi cerita seputar masa sakit dan proses pemulihan yang saat ini masih harus dijalaninya.

Seperti diketahui, Budi Karya Sumadi dinyatakan terjangkit virus corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 pada 16 Maret 2020. Dia tercatat sebagai pasien ke-76, dan menjalani perawatan hingga 31 Maret. Selama itu, Budi Karya mendapat informasi dari tim dokter dan keluarganya sempat pingsan selama 14 hari, dan menggunakan alat bantu pernafasan (ventilator).

Setelah dua kali menjalani tes PCR dan dinyatakan sembuh, dia memilih menjalani isolasi mandiri dan pemulihan di rumah. Tim dokter dari RSPAD setiap hari masih mengontrol dan mengharuskannya minum obat setiap tiga jam.

Selain obat-obatan, perawatan tim medis, dan doa dari banyak pihak, dia menyebut semangatnya untuk sembuh sangat membantu mempercepat dirinya sembuh. Padahal dari sisi usia yang sudah di atas 60 tahun dan memiliki penyakit bawaan (asma) dia tergolong rentan.

“Orang boleh pinter, kalau enggak ada effort dan semangat, nothing. Orang bisa punya jabatan tinggi, kalau enggak ada effort dan semangat, gak ada artinya,” tutur lelaki kelahiran Palembang, 18 Desember 1956 itu.

Selama masih di rumah sakit, dia mengaku banyak melakukan introspeksi. Selain makin rajin menunaikan salat wajib dan sunnah, dia juga berjanji akan lebih mengendalikan diri untuk tidak mudah marah kepada para stafnya.

Dia juga punya nazar khusus untuk isteri dan anak-anak, keluarga besar, lingkungan sekitar dan Kementerian Perhubungan. Apa itu? Saksikan selengkapnya, Blak-blakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, “Nazar dan Kunci Pulih dari COVID”, Rabu (6/5/2020). – PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com