Makanan Mewah yang Disantap Penumpang Titanic – PT Kontak Perkasa

PT Kontak Perkasa – Kapal Titanic terkenal sepanjang masa, karena kisah tragis yang menelan banyak korban jiwa. Sebelum tenggelam, para penumpang disajikan makanan mewah.

Pada tahun 1912, kapal pesiar mewah RMS Titanic mencatat sejarah, sebagai kapal yang paling megah dan mewah yang mengarungi lautan. Namun sayangnya, pada saat pelayaran pertamanya, kapal itu tenggelam dalam perjalanannya dari Southampton, Inggris ke New York, Amerika.

Dalam kapal itu setiap ruangan kamar hingga makanan dibagi menjadi beberapa kelas. Ada lebih dari 2,224 penumpang yang berada di dalam kapal Titanic, sehingga makanan yang disajikan juga tidak main-main.

Berikut fakta menarik tentang makanan hingga menu terakhir yang disajikan di kapal Titanic, sebelum tenggelam di Samudra Atlantik.

Menurut data yang tersisa di kapal Titanic, ada lebih dari 57,600 peralatan masak seperti panci hingga wajan. Ditambah dengan 29.000 aneka gelas, hingga 44.000 peralatan makan seperti piring hingga sendok garpu.

Titanic membawa 913 awak kapal atau kru yang bertugas, dan setengah di antaranya ditugaskan di dalam dapur. Banyak chef dan pelayan yang ikut tenggelam ketika kapal Titanic menabrak gunung es, dan menghabisi bagian bawah kapal terlebih dahulu.

Selain itu, kapal ini juga membawa 14.000 galon air segar, dengan ribuan kilo daging, sayuran, buah, dan lainnya. Pihak kapal memastikan bahwa tidak ada satu pun penumpang di Titanic yang akan kelaparan selama mereka berlayar.

Sepanjang waktu, setiap benda atau barang-barang yang ditemukan di kapal Titanic menjadi benda berharga, yang memiliki nilai fantastis. Banyak orang yang rela merogoh kocek mahal, demi mendapatkan barang-barang dari kapal Titanic, salah satunya selebaran menu yang tersisa.

Dari peninggalan menu makanan yang ada, kapal Titanic menyajikan berbagai pilihan makanan mewah untuk kelas pertama. Dalam satu menu makan siang, yang tertera untuk tangal 14 April 1912, beberapa jam sebelum kapal ini tenggelam.

Ada menu Fillets of Brill, Chicken Maryland, Corned Beef, Grilled Mutton, hingga Custard Pudding. Kemduian ada juga menu buffet yang beragam, seperti salmon mayonnaise, potted shrimps, plain smoked sardnies, hingga ham pie yang populer.

Pada saat itu bisa berlayar bersama kapal Titanic merupakan kebanggaan sendiri. Sehingga tak hanya kelas pertama saja yang penuh, para penumpang juga memenuhi kelas kedua dan kelas ketiga. Di sana makanan yang ditawarkan jauh lebih sederhana.

Seperti kari ayam, kemudian ada hidangan ikan, kambing, dan juga puding sebagai makanan penutup. Dalam selebaran menu untuk penumpang kelas dua yang masih tersimpan, ada juga pilihan nasi, kentang, hingga es krim sebagai camilan.

Bahkan menurut beberapa ahli, makanan untuk penumpang kelas dua dan kelas tiga ini jauh lebih baik dan beragam. Dibandingkan menu makanan yang disajikan oleh kapal-kapal modern, untuk para penumpang mereka di kelas dua dan tiga.

Sebelum kapal Titanic menabrak gunung es, dan air mulai memasuki bagian kapal, banyak makanan mewah yang disajikan. Menurut Telegraph, pada saat makan malam terakhir untuk penumpang kelas pertama, ada lebih dari 11 makanan yang disajikan.

Bahkan makan malam ini memiliki durasi hingga 5 jam, di mana setiap hidangan disajikan dengan spesifik dan wine yang unik. Meski dinilai berlebihan, tapi kapal Titanic memang mengutamakan kepuasan para penumpang kelas pertama mereka.

Menu yang disajikan beberapa jam sebelum kapal tenggelam ada hors d’oeuvre, sup consomme Olga, barley cream, salmon, hingga filet mignon. Kemudian tentunya tak ketinggalan hidangan lain seperti sayuran panggang, bebek, sapi, hingga foie gras, yang jadi makanan terakhir para penumpang kelas pertama sebelum mereka menemui ajalnya di kapal tersebut. – PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com