Maskapai Nyaris Tak Pernah Kecelakaan Fatal – PT Kontak Perkasa

PT Kontak Perkasa – Keamanan jadi pertimbangan utama ketika memilih penerbangan. Dari sekian banyak maskapai, ada beberapa yang nyaris tak pernah mengalami kecelakaan. Apa saja?

Jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 menyisakan beberapa pertanyaan yang belum terungkap. Mengapa pesawat Boeing 737 Max 8 yang masih sangat baru bisa jatuh? Lantas, adakah maskapai yang tidak pernah mengalami kecelakaan?

Dari penelusuran, setidaknya ada beberapa maskapai besar dunia yang tidak pernah mengalami kecelakaan lagi sepanjang berdirinya perusahan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Qantas

Terbang sejak tahun 1921, maskapai Qantas dari Australia nyaris tidak pernah mengalami kecelakaan yang fatal. Setidaknya setelah tahun 1951 sampai sekarang.

Sebelum 1951, pesawat Qantas tercatat mengalami 8 kecelakaan fatal. Itupun 4 di antaranya gara-gara Perang Dunia Kedua. Saat itu Qantas mengoperasikan pesawat untuk membantu pihak sekutu. 1 Pesawat Qantas ditembak jatuh saat itu.

Di tahun 1951, pesawat Qantas jatuh di perairan lepas pantai Papua Nugini. Pilot beserta 6 penumpangnya tewas saat itu. Pesawat de Havilland Australia DHA-3 Drover tersebut jatuh karena kegagalan mesin.

Itulah kecelakaan terakhir yang dialami oleh Qantas. Itu pun sebelum era pesawat jet modern. Setelah era pesawat jet, Qantas tidak pernah jatuh lagi, hanya ada beberapa insiden kecil saja.

2. Hawaiian Airlines

Melayani penumpang sejak 1929, Hawaiian Airlines tidak pernah mengalami kecelakaan fatal hingga menyebabkan penumpang meninggal dunia. Bisa dibilang maskapai ini tidak pernah kehilangan penumpang satu pun.

Namun yang lucu, meski sukses membawa penumpang tanpa pernah mengalami insiden fatal, Hawaiian Airlines tidak selamat dari kebangkrutan. Maskapai ini tercatat 2 kali bangkrut, yaitu pada tahun 1993 dan 2003.

Mungkin bagi Hawaiian Airlines, tidak apa-apa bangkrut yang penting semua penumpang selamat. Itu berarti Hawaiian Airlines tidak main-main soal standar keamanan mereka.

3. Easyjet

Maskapai bujet Ingngris, Easyjet mulai terbang sejak tahun 1995. Namun sejak saat itu, maskapai ini tidak pernah mengalami kecelakaan sampai jatuh dan membawa korban.

Jika ditelusuri dari arsip-arsip sejarahnya, Easyjet termasuk maskapai yang incident-free alias tidak pernah mengalami insiden berarti. Maskapai murah, bukan artinya murahan untuk urusan keselamatan.

4. Ryanair

Maskapai bujet yang sudah terbang selama 33 tahun dari Inggris, Ryanair juga tercatat minim mengalami insiden yang fatal. Satu-satunya insiden yang terjadi pada Ryanair adalah pada tahun 2008 di Bandara Fiumicino, Roma.

Saat itu, pesawat Ryanair mengalami birdstrike alias tabrakan dengan burung pada bagian mesin, hidung dan sayap, sehingga memaksa maskapai ini untuk mendarat darurat di Roma.

2 Kru kabin dan 8 penumpang mengalami luka-luka dan dibawa ke rumah sakit terdekat akibat insiden ini. Sejak itu sampai sekarang, Ryanair tidak pernah mengalami lagi kejadian yang fatal.

5. Virgin Atlantic/Australia/America

Perusahaan Virgin milik pengusaha nyentrik Richard Branson juga tidak pernah mengalami kecelakaan yang fatal. Bisa dibilang accident-free. Virgin Atlantic dan Virgin Australia bahkan selalu masuk rangking 20 besar maskapai teraman di dunia.

6. British Airways

Sejak tahun 1985, British Airways (BA) tidak pernah mengalami kecelakaan fatal. Satu-satunya kejadian yang nyaris fatal terjadi di tahun 2008, saat itu Kapten Pilot John Coward nyaris membuat pesawat BA jatuh akibat kegagalan mesin.

Beruntung, John berhasil mengendalikan pesawat dan membuat pendaratan darurat, meski mesin pesawatnya mati. Atas aksi heroiknya, John Coward diganjar penghargaan Hall of Fame Aviation.

7. Emirates

Maskapai asal Dubai, Emirates tidak pernah mengalami kecelakaan fatal semenjak mulai terbang di tahun 1985. Satu-satunya kejadian yang menodai catatan Emirates adalah saat pesawat Boeing 777 miliknya harus mengalami crash landing di Bandara International Dubai.

Pesawat dengan nomor penerbangan EK521 tersebut kemudian terbakar dan meledak, setelah semua penumpang berhasil dievakuasi. Kejadian ini terjadi di tahun 2016.

8. Etihad

Terbang sejak 2003, maskapai asal Abu Dhabi, Etihad juga punya catatan bagus soal keselamatan. Maskapai ini hanya pernah mengalami satu kejadian di Bandara Touluse, Prancis.

Saat itu pesawat mereka menabrak dinding beton hingga mencederai 9 orang dan membuat 4 orang mengalami luka yang serius. Pesawat Airbus A340-600 ini diketahui sedang dalam pemeriksaan, namun tiba-tiba melaju kencang tanpa bisa direm.

Sejak kejadian tahun 2008 itu, Etihad tidak pernah lagi mengalami kejadian fatal.

9. Qatar Airways

Terakhir, ada maskapai Qatar Airways yang juga aman dari kecelakaan fatal. Qatar Airways hanya pernah mengalami 2 kali insiden pesawat terbakar.

Itu pun pesawat mereka sedang di dalam hangar di Bandara International Hamad, Qatar. Sejak saat itu, catatan Qatar Airways relatif bersih dari insiden yang serius. – PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com