Para Penjamin Tahanan Kota Ratna Sarumpaet – PT Kontak Perkasa

PT Kontak Perkasa – Ratna Sarumpaet pantang menyerah mendapatkan status tahanan kota. Terdakwa kasus hoax penganiayaan ini beberapa kali mengajukan dengan penjamin mulai dari putrinya Atiqah Hasiholan hingga politisi Fahri Hamzah.

Terbaru, Ratna Sarumpaet menyampaikan rencana mengajukan menjadi tahanan kota lagi. “Masih diajukan lagi nanti (untuk tahanan kota). Waktu itu kan udah ditolak, nanti kita ajukan lagi,” ujar Ratna di Polda Metro Jaya usai menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), pada Selasa 12 Maret 2019.

Ratna mengklaim mengajukan tahanan kota tersebut karena ada penjamin baru, yakni politisi Fahri Hamzah. “Karena ada juga penjamin baru ya Fahri Hamzah,” sebut Ratna.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah membenarkan pernyataan Ratna. Fahri mengaku dirinya yang menawarkan untuk menjadi penjamin tahanan kota Ratna Sarumpaet.

Sebelumnya, Ratna mengajukan tahanan kota dengan jaminan keluarganya, terutama putrinya artis Atiqah Hasiholan. Alasannya, kondisi Ratna Sarumpaet rentan sakit karena faktor usia. Namun, pengajuan tahanan kota Ratna Sarumpaet ditolak majelis hakim dengan alasan Ratna Sarumpaet dalam kondisi sehat. Karena itu, Ratna dinilai tetap bisa mengikuti persidangan lanjutan.

Ini para penjamin tahanan kota Ratna Sarumpaet:

Fahri Hamzah

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengaku menjadi penjamin bagi Ratna Sarumpaet yang mengajukan permohonan sebagai tahanan kota. Fahri menyebut dia menawarkan diri kepada Ratna.

“Saya yang menawarkan diri,” kata Fahri saat dihubungi, Selasa (12/3/2019).

Menurut dia, Ratna tidak pantas ditahan. Fahri mengatakan umur Ratna terlalu tua untuk dibui.

“Tidak ada alasan apapun menahan Ratna Sarumpaet. Menahan Ratna Sarumpaet, seorang perempuan tua berusia 70 tahun yang berkata bohong hanya akan membuat rezim ini makin hari nampak makin bengis dan melanggar HAM,” ujarnya.

Ia berharap Ratna dibebaskan dari penjara demi alasan kemanusiaan. Lebih dari itu, Fahri bahkan berharap kasus hoax penganiayaan Ratna segera dihentikan.

“Jadi sebaiknya segera melepaskan Ibu Ratna Sarumpaet demi kemanusiaan dan sebaiknya kasusnya dihentikan. Tapi karena sudah masuk ke pengadilan, ya sudah kita percaya mudah-mudahan hakim diketuk pintu hatinya untuk membebaskan beliau,” tutur Fahri.

Atiqah Hasiholan

Atiqah Hasiholan maju menjadi penjamin tahanan kota Ratna Sarumpaet.

“Saya dan kakak saya (jadi penjamin). Bentuk dukungan ya dukunganlah, untuk orang yang kita sayangi, nanti kita kasih semuanya,” kata Atiqah seusai sidang Ratna Sarumpaet di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Kamis (28/2/2019).

Atiqah mengatakan dakwaan jaksa hari ini tidak jauh berbeda dengan jalannya penyidikan selama ini. Seperti yang disampaikan Ratna di dalam sidang, ada beberapa fakta yang tidak sesuai dengan apa yang terjadi.

“Jaksa tugasnya memang menuntut ibu saya, itu memang tugasnya jaksa, dan berarti sekarang tugas kita melakukan pembelaan dengan bukti-bukti yang ada,” ucapnya.

Keluarga Lainnya

Pihak keluarga sebelumnya siap menjadi penjamin tahanan kota Ratna Sarumpaet. Keluarga jamin Ratna tidak akan lari dari kasus hukumnya.

Pengacara Ratna, Insank Nasruddin menyebut Ratna perlu mengonsumsi obat-obatan dari rumah sakit.

“Bahwa beliau ini memang setiap hari mengkonsumsi obat dan vitamin. Dalam pemeriksaan aja Ia masih menyempatkan waktu untuk meminum beberap jenis obat, saya melihat langsung dia minum. Ditangannya ada beberapa jenis,” kata pengacara Ratna, Insank Nasruddin kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (6/10/2018).

Faktor kemanusiaan dalam hal ini umur Ratna juga menjadi faktor kuasa hukum akan mengajukan Ratna sebagai tahanan kota. – PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com