Penipuan Berkedok Rekrutmen Pegawai – PT Kontak Perkasa

PT Kontak Perkasa, Yogyakarta -PT Angkasa Pura I mengingatkan penipuan berkedok perekrutan karyawan yang informasinya ramai beredar di media sosial. Comunication and Legal Section Head, PT Angkasa Pura I Bandar Udara Adisutjipto, Liza Anandia Rahmadia menyatakan informasi tersebut adalah berita palsu atau hoax.

Dia membantah rekrutmen pegawai untuk Bandar Udara Internasional Yogyakarta dilakukan melalui pengiriman surat lamaran ke email gmail maupun yahoo. Menurut Liza, rekrutmen pegawai akan dilakukan melalui laman resmi Angkasa Pura maupun media sosial. Apalagi gaji yang ditawarkan oleh penipu amat besar untuk lulusan sekolah menengah atas. “Rekrutmen pegawai melalui web resmi kami dan media massa nasional,” kata Liza, Senin, 24 April 2017.

Pengumuman palsu soal penerimaan pegawai baru itu tersebar melaui media sosial facebook, twitter, instagram dan media sosial lain. Informasi itu tersebar pula melalui pesan di whatapps, BlackBerry messenger, pesan singkat dan lian-lain. “Informasi hoax itu juga disebar melalui iklan lowongan kerja di internet,” kata Liza.

Modus orang yang menyebar informasi lowongan kerja berkedok PT Angkasa Pura I itu menginformasikan adanya lowongan pekerjaan dengan mencantumkan alamat email gratisan. Biasanya menggunakan gmail atau yahoomail sebagai alamat pengiriman lamaran.

Selanjutnya, berdasarkan email-email yang telah masuk tersebut, pelaku akan menghubungi calon pelamar, yang menginformasikan bahwa calon pelamar harus mengikuti tes.  Biasanya berlokasi di luar Jakarta, misalnya Bali atau Yogyakarta.  Alamat lokasi tes yang dipakai juga palsu, sedangkan tesnya  pun nantinya tidak akan pernah diadakan.

Di surat elektronik itu  juga disebutkan calon pelamar harus melakukan reservasi tiket pesawat dan hotel kepada biro travel. Biro travel yang digunakan penipu juga fiktif. “Dari sinilah penipu tersebut mengeruk keuntungan, yaitu dari uang yang ditransfer oleh calon pelamar untuk memesan tiket pesawat atau hotel,” kata Liza.

Maka, kata dia, PT Angkasa Pura I mengingatkan  masyarakat agar tidak mempercayai pengumuman lowongan kerja seperti itu. Pengumuman rekrutmen diumumkan melalui media massa nasional dan website korporat. “PT Angkasa Pura I akan menindak tegas segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan perusahaan. Masyarakat dimohon agar selalu waspada,l kata dia.

Jika menemukan penipuan seperti itu, bisa konfirmasi atau memberikan masukan ke pengelola Bandar Udara itu. Atau melalui email resmi humas@ap1.co.id dan nomor telepon 021-6541961 ext.2537. “Bisa melalui contact center bandara di nomor telepon 172,” kata Dadang Jaka Ruliawan, Career and  Talent Department PT Angkasa Pura I – PT Kontak Perkasa

Sumber:bisnis.tempo