Apakah Roti Gandum Menyehatkan – PT Kontak Perkasa

PT Kontak Perkasa – Menurut Centers for Disease Control and Prevention, tingkat obesitas pada anak-anak di masa sekarang dua kali lipat dari 30 tahun yang lalu. Banyak orang tua tidak tahu mengapa berat badan anak-anak mereka cepat sekali bertambah.

Di supermarket, orang tua mungkin akan menemukan produk yang mengiklankan bahan-bahan makanan sehat. Namun, tahukah Anda bahwa sebetulnya beberapa makanan yang diklaim menyehatkan itu dapat menyebabkan penambahan berat badan pada anak-anak. Berikut adalah 5 mitos makanan sehat yang justru berisiko membuat anak Anda obesitas:

Mitos 1: Makanan yang berlabel “Diet”, “Gluten Free”, dan “Organik” adalah pilihan terbaik

Label sebuah produk makanan sebenarnya dapat menyesatkan Anda atau membuat Anda percaya itu adalah makanan yang sehat. Saat menentukan apa yang harus diberi kepada anak Anda yang sedang dalam masa perkembangan, penting untuk melihat makanan secara keseluruhan. Lihatlah hal-hal lain dalam label seperti sodium, pemanis buatan, nilai gizi, dan kalori. Semua ini berperan dalam menentukan apakah makanan itu sehat atau tidak -PT Kontak Perkasa

Sodium bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, bahkan pada anak-anak. Menurunkan sodium sangat penting bagi anak-anak yang kelebihan berat badan untuk menurunkan risiko penyakit jantung di masa yang akan datang. Pemanis buatan bisa membuat anak ingin makan lebih banyak dan mengandung lebih banyak kalori yang tidak sesuai dengan kebutuhan anak. Makanan yang berkalori lebih sedikit mungkin merupakan pilihan yang lebih sehat jika menyediakan sejumlah besar vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, zat besi, dan atau kalsium

Mitos 2: Jus adalah minuman sehat untuk anak-anak

Banyak orang tua percaya bahwa karena buah itu sehat, jus buah sangat bagus untuk anak-anak mereka. Namun, minuman manis berkalori tinggi ini bisa berkontribusi pada penambahan berat badan. Ada yang berpendapat bahwa minuman tersebut memiliki nilai gizi yang besar karena bisa kaya akan vitamin, tapi sebaiknya Anda memberi anak buah segar untuk dimakan, yang juga mengandung serat yang hilang dalam proses jus. Kelebihan kalori dari jus membuat anak-anak tidak mau makan makanan padat yang memiliki serat, protein, dan lemak sehat.

Mitos 3: Sereal adalah sarapan sehat

Sereal adalah pilihan sarapan yang mudah dan lezat untuk anak-anak yang terburu-buru untuk pergi ke sekolah. Tapi hati-hati, kebanyakan pilihan sereal yang dipasarkan anak mengandung lebih banyak gula daripada makanan standar.

Label pada sereal sering mengiklankan kandungan bahan sehat, vitamin, dan biji-bijian. Tapi manfaat itu sebenarnya tidak sebanding dengan jumlah gula yang terkandung di dalamnya. Glukosa yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan gula darah yang cepat serta peningkatan konsumsi kalori – PT Kontak Perkasa

Bacalah label makanan dengan hati-hati untuk mengganti sereal manis dengan pilihan yang lebih sehat. Anda perlu tetap memperhatikan dengan ketat istilah gula yang mungkin muncul di kotak, seperti tetesan organik, madu lebah, dan tebu organik, yang membuat orang tua percaya bahwa itu adalah bahan-bahan yang sehat. Pilihan sarapan yang lebih baik, seperti buah, yogurt rendah lemak, telur, dan oatmeal, jauh dapat memberi anak-anak energi yangbetul-betul mereka butuhkan.

Mitos 4: Roti gandum utuh adalah roti yang sehat

Jika sebuah paket diberi label sebagai gandum utuh, bukan berarti mengandung biji-bijian sehat yang dibutuhkan anak-anak. Roti gandum utuh tidak memiliki cukup serat. Hati-hati saat membaca label roti dan cari bungkus yang membaca 100 persen whole grain. Baik roti putih dan roti gandum sebenarnya memiliki kadar glukosa tinggi. Hal ini tidak hanya menyebabkan kenaikan berat badan tapi bisa menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius, seperti diabetes.

Mitos 5: Yogurt beku adalah pilihan sehat

Yoghurt beku bisa menjadi alternatif yang lebih sehat untuk kebanyakan es krim, tapi itu tidak berarti bahwa ini adalah pilihan terbaik. Meski yogurt beku paling rendah lemaknya, tetapi itu masih mengandung kalori lebih banyak daripada yang dibayangkan kebanyakan orang. Secangkir besar yogurt beku standar adalah sekitar 380 kalori sebanyak 76 gram gula. Sebagian besar anak-anak lebih memilih yogurt beku yang ditaburi topping gula. Itu bisa sama menggemukkannya dengan es krim. Sebagai gantinya, sajikan yogurt polos low-fat bagi anak-anak dengan buah. Buahnya akan mempermanis yogurt tanpa menambahkan gula berbahaya yang tidak perlu. Selain itu, pastikan untuk menjaga ukuran porsi kecil untuk mengurangi penumpukan kalori – PT Kontak Perkasa

Sumber:antik.tempo