5 Cara Mengatasi Menstruasi Terlambat – PT KP Press

PT KP Press – Menstruasi merupakan perubahan fisiologis di dalam tubuh seorang wanita dikarenakan adanya pengaruh hormon reproduksi progesteron maupun estrogen. Biasanya, menstruasi ini akan dialami secara berkala di tiap bulannya. Namun tidak jarang terjadi berbagai macam masalah terkait menstruasi.
Salah satu masalah yang tidak jarang didengar adalah menstruasi yang datang terlambat. Hal ini kemudian bisa membuat seorang wanita menjadi khawatir. Nah, ternyata ada beberapa cara mengatasi menstruasi terlambat yang bisa dilakukan.

Cek Kehamilan

Bagi wanita yang sudah menikah, mengalami terlambat menstruasi bisa jadi disebabkan oleh kehamilan. Jika terdapat riwayat hubungan seksual setelah haid terakhir, kemungkinan hal tersebut bisa menyebabkan haid menjadi terlambat.

Untuk itu, jangan terburu-buru mendiagnosa diri sendiri. Sebaiknya, lakukan pengecekan awal menggunakan test pack di rumah.

Apabila hasilnya positif, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan agar lebih jelas. Namun, jika hasilnya negatif, maka lakukan pengecekan menggunakan test pack satu minggu kemudian. Jika mendapati hasilnya tetap negatif, maka kemungkinan besar itu bukan kehamilan.

Kurangi Makanan Berlemak

Selanjutnya yang perlu diterapkan adalah mengurangi makanan berlemak. Tidak jarang, hal yang menyebabkan terlambat menstruasi adalah obesitas dan berat badan.

Untuk memastikan berat badan tetap stabil, maka kurangilah asupan lemak dalam tubuh. Sebaliknya, konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti buah dan sayur. Usahakan konsumsi makanan berlemak tidak lebih dari 10% dari total makanan yang dikonsumsi.

Jauhi Olahraga yang Terlalu Berat

Tahukah kamu kalau aktivitas fisik yang terlalu berat bisa menjadi penghambat menstruasi? Ya, hal ini dikarenakan aktivitas berat mampu mempengaruhi keseimbangan hormon. Termasuk hormon progesteron dan astrogen.

Untuk itu, sebaiknya jauhilah olahraga berat. Ambil lah waktu selama beberapa hari untuk beristirahat secara total. Jika sudah dilakukan, perhatikan lagi apakah menstruasi sudah kembali lancar atau tidak.

Berhubungan Seksual

Cara yang satu ini memang tidak banyak yang mengetahuinya. Namun tahukah kamu kalau orgasme ketika berhubungan seksual bisa membuat leher rahim menjadi lebih lebar. Hal ini pula lah yang bisa menarik darah haid menjadi turun.

Selain itu, berhubungan seksual bisa menurunkan stress sehingga membantu melancarkan siklus menstruasi. Tentu cara ini bisa dilakukan bagi kamu yang sudah menikah, ya.

Mengkonsumsi Rempah-rempah

Nah, yang terakhir adalah mengkonsumsi rempah-rempah. Beberapa rempah memang dipercaya bisa membantu naiknya aliran darah ke ke rahim. Beberapa rempah yang bisa dikonsumsi adalah rosemary, kayu manis, daun sage, oregano dan juga daun parsley. – PT KP Press

Sumber : beautynesia.id