5 Manfaat Clover Honey yang Perlu Kamu Tahu – PT KP Press

PT KP Press – Sebenarnya di akhir tahun lalu, mulai banyak orang yang membicarakan clover honey ini, tapi karena pandemik COVID-19, akhirnya madu ini kembali hits di kalangan orang-orang yang mencari alternatif lain saat vitamin C mulai habis di pasaran. Madu yang warnanya nggak berwarna amber bening ini punya rasa yang cukup ringan dan rasanya manis. Beda dengan madu-madu yang seringkali diklaim punya manfaat obat, clover honey ini rasanya nggak pahit sama sekali. Bahkan kalau digunakan sebagai pemanis, madu ini nggak akan membuat minuman kalian menjadi berubah rasanya.

Madu yang berwarna kuning muda ini didapatkan dari sari bunga clover dan punya aroma yang lebih floral sih menurut saya. Salah satu hal yang saya suka dari clover honey ini adalah, teksturnya yang langsung meleleh di dalam mulut! Jadi nggak kaya makan madu yang seringkali terasa lebih lengket. Nah, menurut beberapa sumber yang saya baca, clover honey juga mengandung protein, vitamin, mineral, enzim, serta phenolic acid sebagai antioksidan yang baik buat tubuh. Kalau dikategorikan, clover honey sendiri merupakai raw honey yang nggak melewati proses pemanasan dan penyaringan dari pabrik. Apa saja fungsinya? Yuk, intip bareng-bareng!

1. Meredakan gejala flu

Saya nggak akan bilang kalau clover honey ini jadi salah satu kunci jitu buat mengatasi sakit tenggorokan ataupun flu. Tapi, dengan mengonsumsi madu ini, kondisi tenggorokan yang tadinya tidak nyaman bisa menjadi lebih mendingan. Kandungan anti-bakterinya dan anti-radang yang tinggi memang dipercaya bisa membantu meringankan gejala batuk dan pilek yang sedang kita alami. Kalian cukup campurkan 1-2 sendok teh madu ke dalam teh atau air hangat, dua kali sehari.

2. Bisa bikin kulit lebih glowing

Teman saya sih ada yang menyarankan kalau clover honey ini bisa dijadikan masker wajah untuk bikin kulit jadi kelihatan glowing, atau meredakan inflamasi di kulit. Bahkan, karena kandungan anti-radang dan anti-bakterinya yang tinggi, konon madu ini juga bisa bantu mengurangi peradangan pada kulit yang luka dan mempercepat pertumbuhan jaringan kulit baru. Tapi jujur, untuk DIY mask seperti ini saya belum tertarik coba. Tapi, kulit glowing juga sepertinya bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi clover honey secara teratur sih. Madu ini mengandung antioksidan yang tinggi, jadi bisa membantu melawan radikal bebas pada kulit dan menjadikan kulit kita lebih sehat. Bahkan, nggak cuma kulit, tapi antioksidan ini bisa bantu mengurangi kemungkinan kita terkena penyakit

3. Membuat jantung dan paru-paru lebih sehat
Kandungan flavanol and phenolic acid di dalam clover honey juga terkenal sebagai anti-inflamasi ini dipercaya bisa memperbaiki kondisi jantung dan paru-paru kita. Kedua kandungan ini juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol pada darah, lho.

4. Menstimulasi sistem imun
Clover honey juga mengandung bee pollen, yang artinya bisa membantu tubuh juga untuk menstimulasi sistem imun, meredakan inflamasi, hingga membantu melindungi ginjal dari kerusakan akibat radikal bebas. Tapi, ini artinya kalian juga harus lebih hati-hati meminumnya. Karena bisa jadi kalian nggak alergi sama madu, tapi alergi sama bee pollen nya. Jadi make sure untuk tahu kondisi badan masing-masing ya.

5. Berfungsi sebagai prebiotik

Kandungan gula alami di dalam clover honey ini ternyata bisa bekerja sebagai prebiotik alami di sistem pencernaan kita. Konsumsi madu secara teratur setiap hari membuat bakteri baik dan buruk yang terdapat di dalam sistem pencernaan kita menjadi lebih seimbang, sehingga bisa membantu sistem pencernaan bekerja dengan lebih baik dan lancar.

Apa bedanya dengan Manuka honey?

Kalau tadi saya cerita, bahwa clover honey itu merupakan raw honey yang nggak melewati proses pemanasan dan penyaringan pabrik, maka Manuka honey ini justru sebaliknya. Jadi, kondisi enzim di dalam Manuka honey itu sudah berubah melalui proses pemanasan dan penyaringan, makanya muncul lah grading yang dikenal sebagai MGO atau UMF. Semakin tinggi nilai MGO nya kandungan anti bakterinya semakin banyak. Madu Manuka dengan UMF di bawah 10+ (MGO 83-263) akan memiliki anti-bakteria yang mirip dengan madu lainnya. Sementara semakin tinggi MGO/UMF nya, maka madu Manuka ini dinyatakan semakin memiliki efek terapi yang sangat baik buat menjaga imun tubuh kita, dan dipercaya bisa membantu mengatasi berbagai macam penyakit di tubuh. Hal ini juga yang membuat madu Manuka punya harga yang fantastis hingga jutaan rupiah.

Kemudian, keduanya punya perbedaan tempat produksi. Manuka honey dipanen dan diproduksi di New Zealand, sementara Clover honey dipanen di New Zealand dan diproduksi di Amerika. Pada dasarnya, kedua madu ini punya manfaat basic yang kurang lebih serupa. Tapi tentunya clover honey punya harga yang lebih terjangkau. Kalau tujuan kalian meminum madu hanya untuk menjaga kesehatan secara umum dan menambah vitalitas, saya rasa konsumsi clover honey juga sudah lebih dari cukup sih. Apalagi madu ini juga diklaim bisa bantu meredakan gejala flu. Tapi mungkin buat para honey enthusiast, clover honey ini bisa dibilang kurang menarik kali ya. Karena rasanya memang lebih plain dibandingkan madu dari sumber bunga yang  berbeda. РPT KP Press

Sumber : femaledaily.com