5 Tanda Kulitmu Alergi Terhadap Kosmetik – PT KP Press

PT KP Press – Kaum wanita pasti sudah akrab dengan produk kosmetik. Namun sayangnya, pemakaian produk kosmetik enggak menghasilkan efek yang sama pada tiap kulit. Wanita yang memiliki kulit sensitif biasanya lebih rentan mengalami alergi dan iritasi. Tapi seringkali kita enggak sadar bahwa sedang mengalami alergi terhadap kosmetik. Nah untuk kamu yang belum tahu, yuk kenali gejalanya berikut ini!

Biduran atau Bentol

Reaksi ini adalah salah satu tanda kamu mengalami alergi terhadap kosmetik. Munculnya biduran ini sering ditandai dengan rasa panas atau perih di wajah, reaksi kesemutan, hingga kulit yang terasa gatal dan bengkak. Biasanya, gejala ini muncul beberapa menit setelah kamu terpapar zat yang membuat alergi. Jika reaksi ini tidak mereda selama 24 jam, berkonsultasilah dengan dokter mengenai kondisimu.

Muncul Jerawat dan Komedo

Ketika kulit wajah terpapar zat asing yang bersifat menyerang sistem imunitas, tubuh secara otomatis akan merespon dengan timbulnya peradangan. Peradangan tersebut berupa munculnya jerawat. Selain jerawat, timbulnya komedo juga bisa menjadi tanda kamu mengalami alergi kosmetik. Jika kamu mengalami hal ini, cobalah untuk berhenti menggunakan produk tersebut untuk sementara waktu. Jika jerawatmu mereda, tandanya kamu tidak cocok menggunakan produk tersebut.

Muncul Ruam

Munculnya bercak merah seperti ruam juga salah satu tanda kamu alergi terhadap kosmetik. Jika sudah muncul ruam, berarti tingkat alergi yang kamu alami sudah cukup parah. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengoleskan petroleum gel atau aloe vera untuk meredakan ruam tersebut. Jangan pernah menggunakan produk tersebut lagi jika kulitmu enggak cocok, ya!

Kulit Terasa Panas dan Perih

Jika kulit wajahmu terasa panas dan perih setelah menggunakan kosmetik tertentu, bisa jadi ini pertanda kamu mengalami alergi. Cobalah hentikan pemakaian kosmetik tersebut untuk sementara. Jika kulit wajahmu tetap terasa perih dalam waktu lama, tandanya kamu mengidap alergi pada kandungan zat kimia yang terdapat pada kosmetik tersebut.

Saat mengalami alergi terhadap zat kimia pada kosmetik, jangan langsung panik ya Beautynesian. Kamu bisa meredakannya dengan mengonsumsi antihistamin untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan gatal-gatal. Selain itu, kamu juga dapat meredakannya dengan mengoleskan pelembab seperti aloe vera dan mengompres dengan kompres dingin. – PT KP Press

Sumber : beautynesia.id