5 Tips Rencanakan Libur Akhir Tahun Aman & Nyaman – PT KP Press

PT KP Press – Memasuki penghujung tahun, berbagai kegiatan liburan akhir tahun mulai direncanakan. Menurut Satgas Penanganan COVID-19, staycation di penginapan dalam kota atau berlibur dari rumah bisa menjadi pilihan kegiatan yang lebih aman dan tetap menyenangkan.
Sementara itu, Corporate Medical Advisor Tokopedia, dr Johny Sulistio menyarankan dalam merencanakan staycation, sebaiknya masyarakat memastikan hasil tes swab PCR atau rapid test terbukti negatif maksimal 5 hari sebelum hari perjalanan.

“Ketika menggunakan moda transportasi umum, sebaiknya memilih yang sudah menerapkan protokol physical distancing yang sesuai, yaitu 50% dari kapasitas penumpang. Juga memilih tempat duduk dekat jendela agar bisa mendapatkan ventilasi maksimal,” tambah dr Johny dalam keterangan tertulis, Jumat (20/11/2020).

Ia juga membagikan beberapa tips agar liburan tetap aman, nyaman, dan sesuai protokol kesehatan.

1. Pastikan Kondisi Kesehatan
Sebagai bentuk kewaspadaan pencegahan virus, lakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berlibur. Jika kondisi fisik bermasalah sebaiknya tunda rencana liburan.

“Sebaiknya masyarakat sudah memastikan dirinya terlindungi dari penyakit sistem saluran pernafasan, seperti dengan melakukan vaksinasi flu dan pneumococcus,” ujar dr Johny.

2. Cari Informasi Layanan dan Fasilitas Penunjang Kesehatan
Kumpulkan informasi tentang lokasi staycation yang akan dihuni dengan mempertimbangkan beberapa hal, seperti jauh dari keramaian hingga protokol kesehatan yang diterapkan di lokasi.

3. Terapkan Protokol Kesehatan dengan Baik
Tips berikutnya adalah selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer dan tetap menjaga jarak.

“Siapkan bekal masker dan hand sanitizer secukupnya. Masker sebaiknya diganti setiap 8 jam agar lebih aman,” tambah dr Johny.

4. Hindari Kerumunan
Hal penting lain untuk tetap diperhatikan adalah menghindari kerumunan. Menginap di hotel ataupun akomodasi lain tidak menghilangkan peluang untuk bertemu dengan pengunjung lain, seperti di lobby atau di lift. Usahakan untuk selalu menjaga jarak setidaknya 1-2 meter dari orang lain.

5. Perhatikan Zona COVID-19 Lokasi Staycation
Saat ini sudah ada zona atau pemetaan wilayah berdasarkan risiko penyebaran COVID-19. Ada wilayah yang tergolong zona hijau, kuning, merah hingga hitam. Masyarakat disarankan memilih lokasi staycation di wilayah zona hijau karena relatif lebih aman.

“Ketika tiba di tujuan, sadar diri, bahwa kita mungkin sudah sempat tertular di perjalanan. Usahakan selalu memakai masker selama 5 hari sejak kedatangan, agar tidak menulari orang-orang di sekitar kita,” ujar dr Johny.

Adapun Digital Travel & Entertainment Senior Lead Tokopedia, Stefanus Abdipranoto mengungkapkan staycation bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan kepenatan selama beraktivitas di rumah.

“Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, staycation dapat dilakukan dengan aman bersama seluruh anggota keluarga,” ujar dia.

“Tokopedia berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa dalam mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan perjalanan sesuai protokol kesehatan. Misal dengan menyediakan akses ke produk kesehatan, seperti masker, face shield, hand sanitizer, vitamin dan lain-lain,” sambungnya

Tokopedia juga mengadakan kampanye ComboHepi untuk membuat rencana liburan lebih efisien dan akan berlangsung hingga 12 Januari 2021. Masyarakat bisa menikmati berbagai penawaran menarik, termasuk flash sale setiap hari Senin dan cashback hingga Rp 500 ribu sepanjang kampanye berlangsung. – PT KP Press

Sumber : detik.com