Ini Spek Motor Yamaha Tunggangan Vinales-Quartararo – PT KP Press

PT KP Press – Tanpa Valentino Rossi, tim pabrikan Yamaha meluncurkan motor balap di ajang MotoGP. Bersama pebalapnya Maverick Vinales dan Fabio Quratararo, Yamaha menampilkan motor YZR-M1 untuk musim 2021 ini.
Motor YZR-M1 milik Yamaha untuk ajang MotoGP secara kasat mata tak mengalami perubahan berarti pada sisi livery. Masih sangat mirip dengan motor musim lalu, Yamaha memberi warna hitam dan biru yang dominan nyaris di seluruh bagian motor. Di bagian tengah masih terpampang logo Monster, perusahaan minuman energi asal Amerika Serikat yang jadi sponsor utama Yamaha.

Lalu bagaimana spesifikasi teknisnya? Secara garis besar spesifikasi Yamaha YZR-M1 untuk MotoGP 2021 tak jauh berbeda dengan musim lalu. Soalnya, ada aturan pembekuan pengembangan mesin di musim ini.

Dari sektor jantung pacu, motor tunggangan Vinales dan Quartararo ini menggendong mesin 1.000 cc berpendingin cairan dengan konfigurasi empat silinder segaris. Mesin itu mengadopsi sistem cross-plane crankshaft.

Mesin dikawinkan dengan transmisi enam percepatan tipe cassette dengan menyediakan rasio gir alternatif. Gabungan mesin dan transmisi itu mampu membuat motor menyemburkan tenaga hingga 240 daya kuda.

Sasis tipe aluminium twin-tube Delta Box dengan steering geometry yang bisa disesuaikan menjadi penopang motor Yamaha tunggangan Vinales-Quartararo. Motor ini menggunakan lengan ayun aluminium atau plastik diperkuat serat karbon (Carbon Fiber Reinforced Polymer/CFRP).

Untuk menunjang stabilitas saat menikung, Yamaha mengadopsi sistem suspensi upside down dari Ohlins di depan. Sementara suspensi belakang juga pakai shock breaker Ohlins.

Yamaha YZR-M1 didukung velg Forged Magnesium berukuran 17 inci di depan dan belakang. Velg itu dibungkus ban Michelin berukuran 17 inci depan-belakang, tersedia dengan ban slick atau ban basah.

Yamaha M1 mengandalkan sistem pengereman Brembo dengan dua piringan karbonn di depan berukuran 320 mm atau 340 mm yang dilengkapi masing-masing kaliper empat piston. Sedangkan rem belakang hadir dengan piringan stainless-steel kaliper dua atau empat piston.

Yamaha YZR-M1 memiliki bobot 157 kg. Hal itu sesuai dengan regulasi FIM.

Kemungkinan, motor yang akan dipakai Valentino Rossi bersama tim Petronas Yamaha SRT juga memiliki spesifikasi yang sama. Apalagi, Yamaha berkomitmen mendukung penuh The Doctor di ajang MotoGP 2021. – PT KP Press

Sumber : detik.com