Lakukan Cara Ini Untuk Mengatasi Zoom Fatigue Ketika WFH – PT KP Press

PT KP Press – Pandemi telah berlangsung lebih dari setahun, dan masyarakat Indonesia pun sudah terbiasa mengikuti kebiasaan baru. Bekerja, belajar, belanja, dan aktivitas sehari-hari lainnya pun sejak pandemi dilakukan di rumah. Namun, kurangnya interaksi sosial dan aktivitas di luar ruangan menyebabkan kelelahan.
Keharusan kerja dari rumah (WFH) dan belajar dari rumah (online learning) tidak hanya menimbulkan kelelahan fisik, tetapi juga kelelahan mental. Kelelahan ini lah yang sekarang disebut masyarakat luas sebagai zoom fatigue.

Zoom fatigue dirasakan ketika kamu terlalu sering melalukan video call atau zoom meeting untuk menunjang aktivitas kerja dari rumah. Tanda-tanda kamu lelah bekerja adalah kapasitas melakukan pekerjaan jadi berkurang, dibarengi perasaan capek dan lemah sehingga mengakibatkan penurunan prestasi kerja.

Bagaimana cara mengatasi zoom fatigue agar kamu tetap termotivasi kerja dari rumah? Simak tips berikut yuk, para pejuang WFH yang zoom meeting setiap hari:

1. Hindari Multitasking

Kamu pasti sering merasa bahwa ketika kerja dari rumah multitasking menjadi hal yang tidak sulit. Meskipun di tengah-tengah zoom meeting kamu bisa mengerjakan hal lain, sebaiknya jangan dilakukan karena justru akan mempengaruhi produktivitasmu. Contohnya ketika kamu membalas email atau mengerjakan laporan di tengah-tengah meeting sebaiknya dihindari.

Riset dari Harvard menunjukkan bahwa multitasking akan membuang sekitar 40% waktu produktif yang kamu miliki ketika mengerjakan sesuatu.

2. Perencanaan

Dilansir dari Forbes, Zoom meeting biasanya berjalan lebih lama dari yang disepakati. Hal ini akan menyebabkan zoom fatigue karena waktu istirahat semakin sedikit. Jadi, pastikan setiap zoom meeting yang dijalankan mulai dan selesai on time.

Caranya bagikan agenda meetingmu dengan teman-teman kantor di setiap zoom meeting yang berlangsung. Dengan begitu, semua akan memahami apa tujuan meeting tersebut, ekspektasi yang diharapkan, dan berapa lama meetingnya berlangsung. Jangan mengadakan meeting lebih lama dan berdiskusi hal-hal yang tidak direncanakan.

3. Rutin Olahraga

Rutin berolahraga seminggu 3x akan membantu mengatasi zoom fatigue. Dengan olahraga, stres yang kamu rasakan karena bekerja atau belajar jadi berkurang. Olahraga yang simple sekarang juga bisa dilakukan dari rumah, tidak harus keluar maupun pergi ke gym. Kamu bisa ikuti panduan olahraga di rumah berikut yang meningkatkan energimu untuk beraktivitas sehari-hari.

4. Selipkan Permainan

Ketika kamu sudah merasa lelah dari zoom meeting, tidak ada salahnya kamu minta ijin untuk beristirahat dan meluangkan waktu untuk bersantai sejenak dengan rekan kerjamu.

Kamu bisa menyiapkan games untuk dimainkan bersama rekan kerjamu. Dilansir dari Dbs.com, sekarang sudah banyak games yang bisa dimainkan bersama-sama ketika zoom meeting berlangsung untuk mengurangi tekanan ketika terlalu lama WFH.

Contoh games yang paling mudah dilaksanakan adalah truth and lies. Mainkan games ini ketika jam istirahat atau sebelum rapatmu mulai selama 15-20 menit. Games ini cocok jadi ice breaking untuk menghangatkan komunikasi antara anggota zoom meeting.- PT KP Press

Sumber : beautynesia.id