KONTAK PERKASA FUTURES – Australia Central Bank (RBA) menurunkan perkiraan pertumbuhan dan tingkat inflasi di 2015 dan memprediksi jumlah pengangguran akan meningkat, hal tersebut yang membenarkan keputusan pada pekan ini untuk memangkas suku bunga.
RBA mengurangi perkiraan untuk rata-rata ekspansi pada tahun ini menjadi antara 1.75% sampai 2.75% dari antara 2% sampai 3% yang diperkirakan di bulan November. Mereka juga menurunkan proyeksi pertumbuhan harga konsumen menjadi 1.25% dalam tahun fiskal sampai Juni dari antara 1.5% sampai 2.5% yang terlihat dalam tiga bulan sebelumnya.
Keputusan Glenn Stevens untuk mengurangi suku bunga pada tiga hari yang lalu karena mengikuti penurunan harga bijih besi, yang menghasilkan A$1 dari setiap A$5 dalam pendapatan ekspor mereka, dan bergerak cepat untuk mengurangi tekanan dari para otoritas global yang mengancam untuk mengusir mata uang Australia ke level yang lebih tinggi. Ekonomi masih dalam jalurnya untuk mencatatkan ekspansi di bawah potensi perekonomian untuk keenam dari tujuh tahun terakhir, merupakan yang terpanjang sejak resesi terakhir negara tersebut di tahun 1991 silam.