KONTAK PERKASA FUTURES – Bursa Saham Asia melemah dengan memangkas kenaikan bulanan pertamanya sejak Oktober tahun lalu menyusul kekhawatrian pendapatan perusahaan mengimbangi penurunan klaim pengangguran di AS. Sementara itu, Bursa Saham China mencatat penurunan mingguan tertajamnya dalam setahun terakhir.

Indeks MSCI Asia Pacific melemah 0.2% ke level 140.23 pukul 4:09 sore ini waktu Hong Kong. Indeks acuan saham tersebut mencatat kenaikan 1.7% di Januari ini yang dipicu oleh kenaikan bulanan Bursa Saham Hong Kong. Bursa Saham Regional pekan ini turun setelah NEC bergabung perusahaan di AS dari Caterpillar Inc. dan Qualcomm Inc. yang mengcewakan para investor.

Indeks Topix Jepang menguat 0.1%. Indeks Kospi Korea Selatan turun 0.1% dan Indeks NZX 50 Selandia Baru turun 0.3%. Indeks S&P/ASX 200 Australia catat gain 0.3%. Indeks Hang Seng Hong Kong melemah 0.4%. Indeks Shanghai Composite anjlok 1.6% dengan mencatat penurunan mingguan 4.2%.

Indeks Hang Seng Hong Kong di Januari ini melonjak 3.8% dengan Tencent Holdings Ltd. melonjak 17% ditengah optimisme perusahaan tersebut akan melakukan diversifikasi terhadap sumber pendapatannya. Indeks Shanghai Composite bulan ini mengalami penurunan 0.8% setelah regulator membatasi perusahaan pialang 3 besar di China dari penambahan akun margin-trading. Sementara di Desember tahun lalu indeks tersebut mengalami kenaikan 21%.