KONTAK PERKASA FUTURES – Saham Asia memperpanjang aksi jual global pasca perusahaan-perusahaan energi tergelincir dengan perdagangan minyak mentah mendekati level $ 61 per barel dan eksportir Jepang jatuh setelah yen melonjak tajam dalam 18 bulan terakhir.

Santos Ltd. anjlok 8,3% di Sydney setelah produsen minyak memangkas pengeluaran dan mengatakan akan mempertimbangkan menjual asetnya. Honda Motor Co, yang mendapat 84% dari penjualan di luar negeri, turun sebanyak 1,2%. Haitong Securities Co turun 7,5%di Hong Kong karena perusahaan sekuritas China daratan menurun ditengah kekhawatiran kenaikan baru-baru ini yang berlebihan. Kaisa Group Holdings Ltd turun ke level terendah sejak Agustus 2013 setelah perusahaan properti tersebut mengumumkan pengunduran diri Kwok Ying Shing dikarenakan alasan kesehatan.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,5% menjadi 137,61 pada 16:04 sore di Hong Kong, memperpanjang penurunan setelah ditutup pada level terendah sejak 24 Oktober kemarin. Saham AS turun tajam sejak Oktober kemarin, sedangkan pelemahan pada saham Yunani setelah penurunan terjamnya dalam 27 tahun terakhir pada sehari sebelumnya.

Indeks Topix merosot 0,7% setelah mata uang Jepang menguat 1,6% terhadap greenback kemarin. Yen turun 0,2% menjadi 118,05 per dolar hari ini.