KONTAK PERKASA FUTURES – Saham Asia turun seiring data perdagangan China menunjukkan tanda-tanda melemahnya perekonomian terbesar di kawasan tersebut. Saham Jepang rally terhadap pelemahan yen setelah data payrolls AS melampaui estimasi.
Indeks acuan di Seoul, Sydney dan Wellington turun 0,4 % pukul 09:01 pagi waktu Tokyo. Indeks Topix Jepang naik 0,8 %, Indeks MSCI Asia Pacific sedikit berubah pada level 141,24. Impor China merosot tajam dalam lebih dari 5 tahun terakhir dan sektor ekspor tiba-tiba turun, menurut laporan akhir pekan lalu. Kontrak pada Indeks FTSE A50 China turun 0,7 % di sebagian besar perdagangan terakhir di Singapura.
Indeks Topix menguat terkait yen diperdagangkan di level 119,04 per dolar, setelah jumat kemarin turun sebesar 1,3 %. Dolar AS melonjak seiring Federal Reserve kemungkinan akan menaikan suku bunga pada awal Juni mendatang terkait meningkatnya laporan pekerjaan pada jumat kemarin, kenaikan gaji pada bulan Januari menahan kenaikan 3 bulan terbesar dalam 17 tahun terakhir.