KONTAK PERKASA FUTURES – Indeks saham China naik ke level tertingginya sejak November 2010 lalu seiring saham Aluminum Corp of China Ltd memimpin reli untuk perusahaan logam pada rencana restrukturisasi aset dan saham transportasi melonjak karena harga minyak merosot.

Perusahaan Chalco, seperti Aluminium Corp diketahui, melonjak 10 % pada rencana untuk melepaskan aset non-inti. Saham Air China Ltd dan saham China Shipping Development Co keduanya diperoleh dengan batas harian setelah minyak mentah turun ke level 5 tahun terendah. Saham BYD Co rebound 17 % di Hong Kong setelah produsen mobil listrik mengatakan mengkonfirmasi dengan pemegang saham Berkshire Hathaway Inc bahwa ia tidak memiliki niat untuk pangkas sahamnya. Saham Teknologi dan perusahaan berskala kecil tergelincir harga pasar uang naik pada penjualan saham baru terbesarnya pada tahun 2014.

Indeks Shanghai Composite naik 1,7 % ke level 3,108.60 pada penutupan perdagangan, memperpanjang kenaikan pekan ini sebelumnya menjadi 5,8 %. China, pengimpor minyak mentah global terbesar, akan mendapatkan kenaikan karena setiap penurunan 1 % harga minyak berarti $ 2,2 milyar tabungan dan meningkatkan total laba bersih sebesar 0,2 %, saham Citigroup Inc mengatakan dalam sebuah laporan bulan lalu.