Kontak Perkasa Futures – Saham China bergerak turun untuk pertama kalinya dalam 10 hari terakhir setelah indeks pembacaan awal output pabrik secara tidak terduga mengalami kontraksi untuk 11-bulan terendah.

Sementara itu saham Poly Real Estate Group Co dan produsen batubara Jizhong Energy Resources Co turun sebesar 1,2 % untuk memimpin penurunan di antara saham-saham keuangan dan energi. Pembacaan awal indeks Pembelian Manajer (PMI) dari HSBC Holdings Plc dan Markit Economics turun ke level 49,2, lebih rendah dibandingkan perkiraan rata-rata para ekonom di level 50,5 dalam survei Bloomberg. Angka di bawah 50 menunjukkan kontraksi.

Indeks Shanghai Composite turun 0,6 % ke leve 3,666.44 pukul 09:55 pagi waktu setempat,. Bank of America Corp memangkas rekomendasi mereka pada saham China untuk netral dari overweight dalam catatan kemarin, pihaknya mengatakan pasar itu dalam keadaan ‘euforia.’ Indeks tersebut telah naik 13 % tahun ini, sehingga memperpanjang kenaikan sebesar 53 % tahun lalu, terkait spekulasi pemerintah akan mengambil tindakan untuk menopang pertumbuhan ekonomi.

Indeks CSI 300 turun 0,3 %. Indeks Hang Seng China Enterprises Hong Kong turun 1,2 % dan indeks Hang Seng melemah 0,5 %.

Proyeksi pendapatan Indeks Shanghai senilai 13,9 kali dalam 12 bulan terakhir kemarin, merupakan yang tertinggi sejak November 2010 lalu, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. (vck)
Sumber: Bloomberg