KONTAK PERKASA FUTURES – Saham China yang diperdagangkan di Hong Kong rebound dari penurunan tertajamnya dalam sembilan bulan terakhir pasca harga komoditas naik dan saham Ping An Insurance (Group) Co melakukan reli.

Saham Ping An, asuransi terbesar kedua di China, mencatatkan kenaikan 2 % pasca orang-orang dengan pengetahuan tentang masalah ini mengatakan Jack Ma, miliarder pendiri dari Alibaba Group, sepakat untuk berinvestasi di perusahaan tersebut. Sementara China Life Insurance Co naik 2,6 %, sehingga menghentikan penurunan sebesar 5 % dalam dua hari terakhir. PetroChina Co naik untuk pertama kalinya dalam enam hari terakhir pasca harga minyak yang melonjak kemarin. Air China Ltd turun 4,9 persen di Shanghai setelah rally oleh batas harian dalam dua hari terakhir.

Indeks Hang Seng China Enterprises Hong Kong naik 0,9 % ke level 10,909.73 pukul 09:46 pagi, pasca melemah 2,9 % kemarin. Sementara Indeks Shanghai Composite naik 0,1 % ke level 2,683.07. Indeks CSI 300 naik 0,3 %. Sedangkan Indeks Hang Seng naik 0,1 %.

Saham China turun kemarin pasca protes pro-demokrasi di Hong Kong meningkat tajam dan data resmi menunjukkan pertumbuhan manufaktur China melambat lebih dari perkiraan.

Diperkirakan 400 miliar yuan ($ 65 milyar) dapat mengalir dari pasar properti China tahun depan ke pasar, Sementara Kinger Lau, kepala strategi China dengan Goldman Sachs Group Inc, mengatakan pada briefing di Beijing kemarin. Indeks CSI 300 akan naik 10 persen pada akhir tahun depan, katanya.