KONTAK PERKASA FUTURES – Saham-saham China yang diperdagangkan di Hong Kong mengalami kenaikan terbesar sejak November 2013 setelah kembali diperdagangkan pasca libur saat ekuitas daratan melonjak. Saham keuangan mengalami reli di tengah tanda-tanda bawa pemerintah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan pinjaman.
Saham Industri & Commercial Bank of China Ltd. dan China Construction Bank Corp., pemberi pinjaman terbesar di negara tersebut, menguat setidaknya 3,7% di Hong Kong, sementara indeks saham keuangan di daratan melonjak ke level tertinggi enam tahun. Bank Rakyat China akan mencakup penghematan yang diselenggarakan oleh pemberi pinjaman untuk non-deposit-taking lembaga keuangan dalam deposito bank dari tahun 2015, kantor berita resmi Xinhua melaporkan. Saham PetroChina Co. memimpin kenaikan untuk saham-saham energi, naik ke level tertinggi dalam dua tahun.
Indeks Hang Seng China Enterprises naik 4,1% menjadi 12,033.41 pada pukul 09:52 siang waktu setempat. Pasar saham Hong Kong ditutup dalam dua hari perdagangan terakhir pada pekan lalu untuk liburan, ketika Indeks Shanghai Composite naik 6,2%. Indeks Shanghai naik 1,7% menjadi 3,212.62 hari ini.
Indeks CSI 300 naik 1,9%, sedangkan indeks Hang Seng naik 1,9%. Indeks Shanghai naik 1,6% pada pekan lalu, memperpanjang reli tahun ini menjadi 49%, di tengah spekulasi bahwa bank sentral akan lebih melonggarkan kebijakan moneter setelah memangkas suku bunga pada bulan lalu. Indeks ini senilai 11,9 kali proyeksi laba12 bulan, level tertinggi sejak Mei 2011, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.