KONTAK PERKASA FUTURES – Saham China yang diperdagangkan di Hong Kong mencatatkan penurunan, mengirimkan indeks acuan turuntajam dalam dua pekan terakhir, karena penurunan indeks manufaktur China mendorong melambatnya kekhawatiran pertumbuhan perekonomian.

Saham Jiangxi Copper Co, produsen logam terbesar China, turun 5,8 %, sedangkan saham PetroChina Co, perusahaan minyak terbesar di China, turun 2 %. Sementara Ping An Insurance (Group) Co, perusahaan asuransi terbesar kedua China, naik 3 % pasca pihaknya mengatakan akan meningkatkan sekitar HK $ 368 miliar pada saham Hong Kong. Perusahaan Maskapai penerbangan berunjuk rasa di Shanghai karena harga minyak memperpanjang penurunan, sementara saham bank naik pasca pemerintah mengatakan akan memulai sistem asuransi untuk deposito bank.

Indeks Hang Seng China Enterprises melemah 1 % ke level 11,029.41 pukul 09:53 pagi, pasca melakukan reli 6,9 persen pekan lalu. Sementara Indeks Pembelian Manajer China berada di angka 50,3 pada bulan November lalu, dibandingkan dengan perkiraan rata-rata di angka sebesar 50,5 dan bulan Oktober berada di angka 50,8. Di Hong Kong, polisi mulai membersihkan jalan menuju kantor-kantor pemerintah terkait demonstran pro-demokrasi yang menyerukan pemilihan umum yang bebas pada 2017 mendatang.