Saham China menguat, mengirim indeks acuan untuk kenaikan terbesarnya selama 2 hari dalam 5 tahun terakhir, pada penurunan tingkat pasar uang dan spekulasi pemerintah yang akan mengambil langkah-langkah lebih untuk meningkatkan perekonomian.
Perusahaan keuangan memimpin kenaikan dengan perusahaan China Citic Bank Corp dan China Life Insurance Co naik setidaknya 5 %. Saham Citic Securities Co dan Haitong Securities Co, perusahaan broker terbesar China, melonjak 10 % pada batas harian. Saham Sany Heavy Industry Co naik ke level tertingginya sejak 20-bulan setelah pemerintah berjanji untuk meningkatkan ekspor mesin.
Indeks Shanghai Composite menguat 2,8 % ke level 3,157.60 pada penutupan perdagangan, setelah kemarin melonjak sebesar 3,4 %. Bank Rakyat China berencana untuk mengesampingkan sementara kebutuhan untuk pemberi pinjaman untuk menyisihkan cadangan untuk beberapa deposito, orang yang memiliki pengetahuan tentang masalah ini mengatakan, sebagai ukuran ketersediaan dana antar bank menuju penurunan mingguan terbesar sejak April.
Indeks Shanghai telah meningkat 49 % selama tahun ini di tengah spekulasi bank sentral yang akan melonggarkan kebijakan moneter untuk mendukung perekonomian setelah pangkas suku bunga. Indeks tersebut bernilai 11,9 kali laba 12 bulan diproyeksikan, level tertingginya sejak Mei 2011 lalu, menurut data yang disurvei oleh Bloomberg.
Indeks CSI 300 melonjak 3,3 % hari ini. Pasar saham Hong Kong ditutup hari ini untuk liburan.
Indeks Shanghai naik 1,6 % pekan ini, kenaikan terpanjang selama pekan ketujuh beruntun sejak Maret 2012. Its volatilitas 50-hari mencapai level 4 tahun tertinggi, dengan volume perdagangan sebesar 9,3 % di atas rata-rata 30-hari. (knc)
Sumber : Bloomberg