KONTAK PERKASA FUTURES – Saham China ditutup turun, mengirimkan volatilitas pada indeks acuan ke level tertinggi lima tahun, pasca produsen minyak terbesar China merosot dan perusahaan sekuritas turun ditengah kekhawatiran kenaikan baru-baru ini yang berlebihan.

Saham PetroChina Co dan China Petroleum & Chemical Corp tergelincir sedikitnya 2%. China Oilfield Services Ltd anjlok 7,1% di Hong Kong setelah perusahaan tersebut memperkirakan penurunan keuntungan dari turunya harga minyak. Citic Securities Co dan Haitong Securities Co, perusahaan sekuritas terbesar,, merosot lebih dari 9% di Shanghai setelah reli lebih dari 60% pada bulan lalu. Acuan pasar mata uang juga melonjak hari ini ditengah kekhawatiran mendatang mengenai penjualan saham baru yang akan mengalihkan dana.

Indeks Shanghai Composite turun 0,5% menjadi 2,925.74 pada sesi penutupan, setelah menguat sebanyak 0,9% dan jatuh sebanyak 1,6%. Indeks Volatilitas 10-hari melonjak ke level tertinggi sejak 2009 karena investor menilai berlanjutnya reli di antara pasar global utama selama bulan lalu dan mendorong harga saham dunia ke tingkat yang paling mahal dalam tiga tahun teraakhir.

Indeks CSI 300 turun 1,2%. Indeks Hang Seng China Enterprises melemah 1%, sedangkan indeks Hang Seng turun 0,9%. Volume perdagangan indeks Shanghai adalah 34% di atas rata-rata 30-hari, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg.