KONTAK PERKASA FUTURES – Saham China jatuh untuk hari kedua, mengupas keuntungan indeks acuan pekan ini, seiring penurunan tajam dalam harga produsen meningkat kekhawatiran melambatnya pertumbuhan ekonomi.
Indeks Shanghai Composite tergelincir 0,1 persen ke level 3,290.87 pukul 10:06 pagi waktu setempat, memperpanjang penurunan kemarinnya menjadi 2,4 persen. Indeks harga produsen merosot sebesar 3,3 persen bulan lalu dari tahun sebelumnya, Badan Biro Statistik Nasional mengatakan, dibandingkan dengan proyeksi rata-rata ekonom turun sebesar 3,1 persen. Harga konsumen naik sebesar 1,5 persen, sesuai estimasi ekonom.
Indeks Shanghai telah rally sebesar 1,7 persen pekan ini ini, kenaikan untuk minggu kesembilan, kenaikan terpanjang sejak Mei 2007 lalu. Untuk tahun ini, indeks telah melonjak sebesar 61 persen, pemain terbaik di antara 93 indeks global yang dilacak oleh Bloomberg, di tengah spekulasi pemerintah selanjutnya yang akan melonggarkan kebijakan basis moneternya untuk mendukung pertumbuhan. Indeks senilai 12,4 kali 12 bulan proyeksi pendapatan pekan ini, level tertinggi sejak April 2011, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.