KONTAK PERKASA FUTURES – Saham China turun untuk hari keempat, sehingga memangkas penurunan mingguan terbesar dalam satu tahun terakhir, di tengah kekhawatiran pengawasan peraturan pinjaman marjin dan pertumbuhan ekonomi yang akan membatasi reli indeks acuan dunia.
Saham China Life Insurance Co dan China Pacific Insurance Co turun sebesar 5 % setelah Great Wisdom mengatakan regulator akan memeriksa bisnis margin trading saham asuransi. Leshi Internet Information & Technology Co turun 4,8 %, memangkas reli bulan ini sebesar 49 %. Sementara CSR Corp dan China CNR Corp keduanya turun 7,9 % setelah Huatai Securities Co mengatakan akan menghentikan pinjaman saham pembuat kereta api tersebut untuk short selling.
Indeks Shanghai Composite turun 1,6 % ke level 3,210.36 pada penutupan perdagangan hari ini, sehingga memperpanjang penurunan minggu sebesar 4,2 %, merupakan penurunan terbesar sejak Desember 2013 lalu. Setelah reli 37 % pada kuartal keempat, indeks Shanghai kehilangan momentum bulan ini karena pemerintah mengambil upaya dalam mendinginkan pertumbuhan kredit marjin. Sementara omset turun sebesar 64 % dari level tertinggi pada bulan Desember lalu, sedangkan pembukaan rekening ekuitas baru turun 44 % dan pembelian menggunakan uang pinjaman turun 55 %.