KONTAK PERKASA FUTURES – Saham China catat kenaikan untuk hari kedua, dipimpin oleh saham perusahaan konstruksi dan kereta api, terkait spekulasi pemerintah yang akan mengambil langkah-langkah lebih banyak untuk mendukung pertumbuhan perekonomian china.

Sementara itu saham China State Construction Engineering Corp dan China Railway Group Ltd menguat lebih dari 7 % untuk memimpin keuntungan bagi perusahaan infrastruktur terkait. Perdana Menteri Li Keqiang pekan ini akan berada di Kazakhstan untuk mendorong meningkatnya kucuran dana  yang akan membiayai pembangunan infrastruktur untuk menghubungkan pasar di seluruh Asia. Saham East Money Information Co menguat untuk hari kedua dalam mengirim acuan saham perusahaan sekala kecil ke rekor tingginya. Sedangkan saham Agile Property Holdings Ltd naik 11 % di Hong Kong.

Indeks Shanghai Composite memangkas penurunan sebesar 1,6 %, menambahkan 0,5 % ke level 2,953.42 pada penutupan hari ini dan memperpanjang keuntungan selama bulan lalu sebesar 19 %. Sementara  stimulus fiskal akan membantu saham China memperpanjang kenaikannya tahun depan, menurut CLSA Ltd. Pertumbuhan ekonomi China akan melambat pada 2015, menurut kepala ekonomi bank sentral.

Indeks Shanghai telah reli sebesar 40 % tahun ini di tengah spekulasi bank sentral akan menambah pemangkasan suku bunga dengan penurunan rasio cadangan persyaratan untuk mendukung perekonomian menuju ekspansi tahunan terendah sejak 1990 silam.