KPF Jogja – Saham China naik pada hari kelima, mengirim Indeks Shanghai Composite menuju level 4.000 untuk pertama kalinya sejak tahun 2008 silam.

Perusahaan pembuat minuman keras Kweichow Moutai Co dan Chongqing Brewery Co memimpin kenaikan di antara perusahaan konsumen terhadap perubahan dalam perekonomian China dengan kenaikan lebih dari 4 %. Saham Trainmakers China CNR Corp dan CSR Corp melonjak sebesar 10 % batas harian untuk hari kedua setelah pemerintah menyetujui merger mereka.

Indeks Shanghai Composite naik 0,2 % ke level 3,968.31 pada pukul 10:09 pagi waktu setempat, setelah sebelumnya naik ke level 3,990.48 untuk mengirim kenaikan sebesar 100 % dari tahun lalu ke level terendahnya pada bulan Januari. Indeks CSI 300 naik 0,6 % pada hari ini, sementara Indeks Hang Seng China Enterprises menguat 3,6 % setelah pasar saham Hong Kong kembali diperdagangkan setelah liburan selama 3 hari.

China akan mulai merilis data ekonomi bulan Maret pada 10 April mendatang, dimulai dengan inflasi. Indeks Harga konsumen kemungkinan naik 1,3 %, melambat dari kenaikan bulan Februari sebesar 1,4 %, sedangkan harga produsen mungkin telah menurun 4,8 %, tidak berubah dari bulan sebelumnya, menurut perkiraan rata-rata yang disurvei oleh Bloomberg. (knc)

Sumber : Bloomberg

pt. kontak perkasa futures yogyakarta