Kontakperkasa Futures – Saham China bergerak naik, dengan indeks acuan menuju kenaikan beruntun terpanjang sejak April 2007 lalu, karena penguatan saham teknologi dan konsumen.

Saham Dr Peng Telecom & Media Group Co dan Beijing Informasi Shiji Technology Co menguat lebih dari 8 %. Shenzhen Overseas Chinese Town Co, operator taman hiburan, naik 10 %. Sementara Gemdale Corp menguat 2,7 % setelah membukukan laba melampaui perkiraan analis. Sedangkan China Petroleum & Chemical Corp turun 2,7 % di Hong Kong setelah melaporkan laba tahunan terendah sejak tahun 2008 lalu.

Indeks Shanghai Composite naik 1 % ke level 3,652.02 pada pukul 10:21 pagi waktu setempat, sehingga memperpanjang reli dalam delapan hari sebesar 10 %. Indeks tersebut diperdagangkan pada level tertinggi sejak Mei 2008 di tengah optimisme investor bahwa pemerintah akan mengambil tindakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi China.

Indeks CSI 300 naik 1,2 %. Indeks Hang Seng China Enterprises Hong Kong naik 0,3 % dan indeks Hang Seng menguat 0,4 %. Sementara Indeks Ekuitas Bloomberg China-AS naik 1,9 % di New York pada Jumat lalu.

Nilai perdagangan gabungan di bursa saham Shanghai dan Shenzhen melampaui 1 triliun yuan ($ 161.4 miliar) untuk hari keempat pada Jumat lalu, sedangkan saldo hutang marjin di Bursa Efek Shanghai naik 1,7 % ke rekornya senilai 927 miliar yuan. (vck)
Sumber: Bloomberg