KONTAK PERKASA FUTURES – Saham China naik, mengirim indeks acuan menuju gain mingguan tertajam dalam lima tahun terakhir, dikarenakan perusahaan finansial melonjak terkait sentimen keuntungan besar dari reli terbesar di dunia selama bulan lalu.

Haitong Securities Co melonjak 10% setelah pihaknya mengatakan dalam pembicaraan untuk membeli bank investasi Portugis Banco Espirito Santo SA de Investimento. Citic Securities Co dan GF Securities Co naik lebih dari 8%. Sany Heavy Industry Co naik 4,4% untuk memimpin kenaikan di antara perusahaan mesin.

Shanghai Composite Index naik 1,4% menjadi 2,939.08 pada 10:00 pagi, memperpanjang kenaikan menjadi 9,4% pekan ini, yang tertajam sejak Februari 2009 lalu. Kenaikan sebesar 22% untuk indeks Shanghai selama bulan lalu memacu investor China daratan untuk membuka rekening saham di laju tercepat kecepatan dalam tiga tahun terakhir dan mengirimkan nilai perdagangan ke rekor tertingginya.

Indeks CSI 300 naik 1,6%, memperpanjang kenaikan pekan ini menjadi 12%. Hang Seng China Enterprises Hong Kong menguat 1,5%. Indeks Hang Seng naik 0,9%. Indeks Bloomberg China-US Equity, Indeks perusahaan AS yang terdaftar paling-diperdagangkan China, naik 2,5% di New York kemarin.

Indeks Shanghai Composite telah naik 41% tahun ini, menuju kenaikan tahunan tertajam sejak 2009, ditengah spekulasi Bank Rakyat China akan memotong rasio persyaratan cadangan pemberi pinjaman. Sementara Bank sentral menurunkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam dua tahun bulan lalu untuk mendukung pertumbuhan ekonomi ditengah data yang menunjukkan bahwa pertumbuhan manufaktur membuntuti perkiraan dan pertumbuhan ekspor yang melambat.