KONTAK PERKASA FUTURES – Saham China naik, karena acuan saham perusahaan industri termasuk saham penerbangan naik ke level  tertinggi dalam tiga tahun terakhir terkait harga minyak yang melemah spekulasi akan meningkatkan kenaikan.

Saham Air China Ltd dan China Southern Airlines Co naik lebih dari 9 %. Sementara saham Huaneng Power International Inc memimpin reli terhadap saham produsen listrik. China Oilfield Services Ltd turun 5,3 % di Hong Kong setelah minyak mentah turun di bawah level $ 65 untuk pertama kalinya sejak 2009 lalu dan saham perusahaan memperkirakan penurunannya.

Indeks Shanghai Composite naik 0,4 % ke level 2,950.72 pukul 10:13 pagi waktu setempat, setelah naik sebesar 0,9 persen dan turun sebesar 1,4 %. Sementara Indeks CSI 300 naik 0,2 %. Indeks  Hang Seng China Enterprises turun sebesar 1 %. Sedangkan Indeks Hang Seng turun 1,1 %.

Indeks Shanghai telah naik 19 % selama bulan lalu, merupakan kenaikan terbesar kedua di antara 93 kelompok pada indeks global, di tengah spekulasi bank sentral akan memangkas rasio cadangan persyaratan setelah menurunkan tingkat suku bunga untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir pada bulan lalu.